Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Perjalanan Mulia Jamaah Haji Kepri di Tanah Suci: Sebuah Laporan Terkini

67
×

Perjalanan Mulia Jamaah Haji Kepri di Tanah Suci: Sebuah Laporan Terkini

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Arab Saudi – Sebanyak 1.311 jamaah Haji dari Kepulauan Riau (Kepri) saat ini berada di Tanah Suci, yaitu Kota Mekah, dan sedang menunggu puncak pelaksanaan ibadah haji, yakni berkumpul di Arafah, mabit di Muzdalifah, serta lempar jumroh dan tahalul di Mina (Armuzna). Ibadah ini akan dilaksanakan mulai tanggal 15 hingga 21 Juni 2024 atau 8 hingga 13 Zulhijjah 1445 H.

Jamaah Haji kloter 1, asal Kepri, diberangkatkan mulai tanggal 12 Mei 2024 yang lalu dengan jumlah 446 jamaah, termasuk petugas dalam rombongan, dan turun di Bandara Madinah.

Kemudian dilanjutkan dengan kloter 2 pada hari berikutnya, tanggal 13 Mei 2024, dengan jumlah 445 jamaah.

Semuanya berangkat melalui embarkasi Batam dan turun di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) di Madinah.

Sisanya berangkat di gelombang kedua, yakni kloter 15 dari embarkasi Batam dan turun langsung di Bandara King Abdul Aziz (KAA) di Jeddah dengan jumlah 220 jamaah.

Ketua Kloter 1 Embarkasi Batam, Zahid Deraman, menyampaikan bahwa seluruh jamaah hingga saat ini dalam keadaan sehat walafiat. Jika ada jamaah lanjut usia (lansia) yang harus memakai kursi roda, mereka masih bisa ikut serta melaksanakan ibadah.

Adapun, karena adanya perbedaan cuaca antara Indonesia dan Arab Saudi, beberapa jamaah Haji terkena radang batuk, dan hingga saat ini, keluhan para jamaah masih bisa tertangani dengan baik oleh donor dan petugas kesehatan yang ada di masing-masing kloter.

“Alhamdulillah, sejauh ini berjalan lancar. Kita selalu memberi himbauan kepada para jamaah agar menjaga kesehatan dan tidak terlalu lelah. Kita juga mengimbau para jamaah untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan jika tidak ada keperluan yang mendesak, mengingat suhu di Arab Saudi saat ini sangat panas. Rata-rata suhu mencapai 43-45 derajat,” kata Zahid.

Sebagai ketua kloter, Zahid juga mengaku selalu melakukan koordinasi dengan petugas sektor yang ada di Arab Saudi serta petugas Maktab. Dengan harapan proses ibadah haji jamaah dari Kepri bisa berjalan lancar hingga masa pemulangan nanti.

“Komunikasi dan koordinasi kita lakukan secara intens dengan para petugas haji yang ada di sini. Bimbingan ibadah juga rutin diberikan setiap selesai shalat lima waktu. Kami mohon doa agar pelaksanaan haji ini berjalan lancar sampai masa pemulangan nanti,” harap Zahid.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, menanggapi baik laporan ketua kloter 1 ini dan meminta kepada para jamaah agar tetap menjaga kesehatan selama di Tanah Suci dengan cara memperbanyak mengonsumsi vitamin dan minum air putih.

“Semoga seluruh jamaah diberi kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan ibadah Haji tahun ini. Kami berharap semuanya sehat walafiat dan menjadi Haji yang mabrur dan mabruroh. Doakan juga agar Kepulauan Riau menjadi negeri yang damai dan makmur atau baldatun toyyibatun warobbul ghofur,” ujar Ansar.

Editor: Budi Adriansyah