Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Peringatan Hardiknas 2024: Bergerak Bersama Menuju Merdeka Belajar di Bintan

25
×

Peringatan Hardiknas 2024: Bergerak Bersama Menuju Merdeka Belajar di Bintan

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mengadakan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2024 yang juga diselanggarakan bersamaan dengan Halalbihalal Idul Fitri 1445 Hijriah di Aula Bandar Seri Bentan, pada Kamis, 2 Mei 2024.

Moment sakral bagi dunia pendidikan ini memberikan penekanan pada tema ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’.

Seperti yang kita ketahui, Hardiknas ditetapkan untuk memperingati perjuangan Ki Hajar Dewantara, seorang pahlawan nasional yang juga dikenal sebagai pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa.

Dia (Ki Hajar Dewantara) dianggap sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Merujuk pada peringatan Hardiknas, bulan Mei 2024 juga dicatat sebagai bulan Merdeka Belajar.

Dalam sambutannya, Bupati Bintan Roby Kurniawan berharap agar para tenaga pendidik dapat bekerja sama dalam memajukan dunia pendidikan di Bintan.

Dia menekankan bahwa peringatan Hardiknas ini mencakup kebebasan mengekspresikan minat belajar dan tumbuh tanpa batas.

“Tentu saja, ini tidak hanya sebatas pembelajaran di kelas. Kami ingin membentuk karakter sekaligus meningkatkan kemampuan cakrawala keilmuan yang memadai, dalam dunia pendidikan,” ujarnya.

Roby menegaskan bahwa pendidikan merupakan hak dasar yang harus diberikan kepada setiap warga negara.

Oleh karena itu, pengembangan dunia pendidikan telah menjadi fokus perhatian karena kemajuan suatu daerah dinilai dari perkembangan pendidikan sebagai salah satu indikatornya.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Dewi Kumalasari, menyampaikan sambutannya dengan memulai dengan ucapan Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Dewi menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi dalam meningkatkan kualitas anak-anak melalui merdeka belajar sehingga mereka dapat mencapai cita-cita sesuai minat dan bakatnya.

Dewi juga meminta para guru sebagai tenaga pendidik yang diberi kepercayaan penuh untuk mengajar, menilai, serta memandu anak didik agar berhasil mencapai cita-citanya.

Dia tak lupa menyampaikan rasa terima kasih pada insan pendidik yang telah memberikan kontribusi sehingga dunia pendidikan di Provinsi Kepri kini dapat dikatakan sangat membanggakan.

Acara tersebut juga memasuki sesi pemberian penghargaan Purna Bakti yang diberikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bintan Afrizal Bahar dan Purna Bakti para Pegawai Tenaga Pendidik dan staf Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Bintan