Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Penilaian Aksi Konvergensi Stunting: Bintan Raih Pujian atas Komitmennya dalam Upaya Penurunan Stunting

29
×

Penilaian Aksi Konvergensi Stunting: Bintan Raih Pujian atas Komitmennya dalam Upaya Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, mengambil bagian dalam Penilaian Kinerja dan Aksi Konvergensi Stunting untuk tujuh Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri telah memulai penilaian langsung pada setiap daerah dalam kurun waktu 20-21 Mei 2024.

Penilaian ini mengevaluasi pelaksanaan aksi 1-8 untuk seluruh Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri dalam rangka upaya penurunan kasus stunting pada tahun 2023.

Selaku Wakil Bupati Bintan, Ahdi mengapresiasi pencapaian yang telah diraih oleh Kabupaten Bintan sejauh ini.

Menurut Ahdi, pencapaian ini tidak lepas dari komitmen yang telah terjalin di antara semua pihak di Bintan untuk mengatasi masalah stunting.

Tim Panelis melakukan penilaian ini berdasarkan pada Petunjuk Teknis Penilaian Pemerintah Kabupaten dan Kota Dalam Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tahun 2023 yang disusun oleh Ditjen Bangda Kementerian Dalam Negeri.

Di dalamnya terdapat 8 aksi konvergensi stunting yang harus dilaksanakan, meliputi proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program atau kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif sebagai upaya pencegahan dan penurunan kasus stunting.

“Kita sudah melakukan delapan aksi Konergensi Stunting di Bintan. Pada intinya, ini adalah tanggung jawab kita bersama dan harus menjadi bagian dari prioritas kita,” kata Ahdi.

Dalam hal penganggaran, Ahdi menyatakan bahwa Bintan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan terkait telah mengalokasikan anggaran untuk pencegahan kondisi stunting.

Selain itu, Pemkab Bintan juga melakukan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

Ahdi berkeyakinan bahwa ke depannya Pemkab Bintan akan terus berinovasi untuk melakukan terobosan guna mewujudkan Bintan Zero Stunting.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Bintan