Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBisnisHeadlineNewsRegional

Penataan Infrastruktur Ekonomi dan Penanggulangan Banjir Tetap Jadi Sentral Perhatian Jika SBS Terpilih Kembali Jadi Bupati

166
×

Penataan Infrastruktur Ekonomi dan Penanggulangan Banjir Tetap Jadi Sentral Perhatian Jika SBS Terpilih Kembali Jadi Bupati

Sebarkan artikel ini

Malaka – Penataan infrastruktur ekonomi seperi Pembangunan Jalan dan Jembatan serta penanggulangan banjir harus jadi sentral perhatian jika SBS kembali terpilih menjadi Bupati Malaka melalui pilkada serentak 2024.

Jalan dan jembatan harus diperbaiki untuk melancarkan akses transportasi barang dan orang untuk melancarkan roda ekonomi masyarakat.

Penanggulangan Banjir harus diperhatikan supaya bisa lindungi rakyat termasuk melindungi hasil-hasil pembangunan yang sudah ada agar tidak rusak.

Bakal Calon Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran ( SBS) mengatakan hal itu saat memaparkan program unggulan disela pendaftaran dirinya sebagai Bakal Calon Bupati Malaka di Kantor DPC Partai Solidaritas Indonesia ( PSI) Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Rabu (15/5-2024).

Dikatakannya, sesuai kondisi riil di Kabupaten Malaka saat ini masih banyak terdapat jalan dan jembatan yang rusak sehingga harus diperhatikan untuk mendapatkan perbaikan.

” Jalan dan jembatan harus diperbaiki supaya melancarkan akses rakyat dan roda ekonomi masyarakat bisa tumbuh dan berkembang secara sehat”, ujarnya.

Selain itu, kata dia, salah satu persoalan yang dihadapi masyarakat di Kabupaten Malaka saat ini adalah penanggulangan banjir bandang.

” Ketika musim penghujan tiba rakyat selalu dihantui datangnya banjir bandang Benenai dan banjir di kecamatan lainnya sehingga harus mendapatkan penanganan. Kalau dibiarkan akan menghancurkan sendi-sendi kehidupan rakyat”, ujarnya.

Dikatakannya, untuk mengurus banjir diperlukan strategi agar bisa jadi solusi permanen bagi rakyat.

” Desa yang sering digenangi banjir bandang perlu dibangun tanggul penahan banjir untuk lindungi rakyat agar saat banjir tidak meluap ke pemukiman penduduk. Bila longsor perlu dibangun penahan tebing agar longsornya tidak meluas. Alur air yang bengkok perlu diluruskan dan bila ada pendangkalan karena sedimen perlu dikeruk agar saat banjir airnya tidak meluap keluar tanggul. Jadi programnya harus atasi penyebab banjir”, ujarnya.

Dicontohkannya, sebagai bupati Perdana Malaka masa bhakti 2016-2021 dirinya melalui dinas teknis selalu mengedepankan program mengatasi banjir dengan cara mengatasi penyebab banjir.

” Setiap musim panas dinas PU selalu melakukan pengontrolan sepanjang DAS Benenai. Tanggul yang rusak dan bocor diperbaiki sehingga pada musim penghujan bisa melindungi rakyat dari banjir bandang Benenai., tandasnya. ( boni)