Penasehat APMP : Bupati Malaka Tidak Melakukan Pelecehan Terhadap Wartawan

Malaka – Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran tidak melakukan pelecehan kepada wartawan dan tidak membatasi wartawan melakukan aktifitas Jurnalistiknya seperti dilansir media on line yang beredar di Malaka.

Yang diminta Bupati Malaka saat Jumpa Pers dengan wartawan disela Pendaftaran dirinya sebagai Bakal Calon Bupati Malaka di Sekretariat PDI Perjuangan, Jumat (20/9-201,) itu agar wartawan bekerja secara profesional sesuai UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik guna mendukung akselerasi pembangunan di Kabupaten Malaka.

Hal itu disampaikan Penasehat Aliansi Pewarta Merah Putih (APMP), Bonifasius Atolan kepada wartawan, Senin (23/9-2019).

” Yang namanya wartawan itu kalau menulis harus fair dan berimbang serta tidak terkesan menyudutkan pihak tertentu dan hal itu sudah diatur dalam UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik”

“Dari pernyataan Bupati dalam konfrensi pers itu Bupati hanya minta supaya dalam penulisan berita harus dilakukan secara komprehensif, fair dan tidak hanya dilihat dari sisi negatif. Itu khan standart normatif bagi seorang wartawan profesional”

” Kalau kaidah penulisan yang cenderung merugikan pihak lain dan tidak memperhatikan aspek kode etik jurnalistik bisa disebut sebagai orang yang sakit jiwa karena dalam penulisan tidak memperhatikan kaidah penulisan yang benar”

” Jadi saya pikir ini satu sinyal positif yang disampaikan Bupati SBS agar teman-teman media bisa bekerja secara profesional dengan memperhatikan aturan yang berlaku”

“Di republik ini tidak bebas tulis semau gue tetapi harus memperhatikan rambu-rambu yang ada. Tidak ada manusia di republik ini yang kebal hukum termasuk wartawan karena diatur UU Pokok Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Satu catatan lagi tidak boleh ada penghakiman oleh Pers (Trial by the press”

” Kita yang tinggal di kawasan Perbatasan negara harusnya memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk membangun di kawasan perbatasan negara melalui karya jurnalistik dengan mengembangkan development Jurnalism”

” Jadi jangan tersinggung kalau Bupati mengatakan hal itu. Harusnya kita berterima kasih kepada Bupati Malaka yang sudah mengingatkan supaya bekerja secara baik dan benar sesuai standart mutu kerja profesi yang ditetapkan ” (ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *