Pemuka Adat Io Kufeu Sebut Pembangunan Ruas Jalan Besak – Tunmat Simbol Kebanggaan Rakyat Kecamatan Io Kufeu 

Pemuka Adat di Kecamatan Io Kufeu – Kabupaten Malaka menyebut pembangunan ruas jalan hotmix Besak – Tunmat merupakan simbol kebanggaan rakyat Kecamatan Io Kufeu.

Sejak ruas jalan itu dibangun wajah Ibu Kota Kecamatan Io Kufeu semakin cerah dan indah . Rakyat sangat terbantu untuk melancarkan akses transportasi menuju ke fasilitas pelayanan publik.

Demikian intisari pendapat yang dihimpun media ini dari pemuka adat di Tunabesi – Io Kufeu, Minggu ( 23/8-2020)

Nai Bubu Amaf Seran, Ketua Suku Manuinfaif kepada wartawan mengatakan keputusan Pemda Malaka membangun ruas jalan Besak – Tunmat merupakan awal yang sangat bagus untuk penataan infrastruktur Jalan di wilayah Kecamatan Io Kufeu.

” Dulu jalan di daerah ini kurang mendapatkan perhatian untuk dibangun tetapi saat ini kondisi jalannya mulus karena dibangun jalan hotmix oleh Pemda Malaka”

” Rakyat disini sangat senang karena Tunabesi sudah mulai nampak sebagai pusat ibu kota Kecamatan Io Kufeu”

” Akses masyarakat mulai lancar saat mengunjungi Tunabesi karena jalannya sudah baik. Rakyat mendapatkan banyak kemudahan untuk ke pasar, Gereja, kantor Camat atau ke sekolah dan fasilitas kesehatan”

” Bagi kami akses ke Pusat Kecamatan sudah bagus tinggal kedepannya melanjutkan pembangunannya di desa Tunmat hingga perbatasan Kabupaten TTU tepatnya di Bubun serta akses jalan di Bani-Bani bawah”

Ketua Suku Naifio, Nai Anonatonis dengan bahasa dawan kental mengatakan ” Hit paha mbea en” (Kita punya Daerah sudah mulai bangkit dan berkembang-red)

” Sebagai orang tua di kampung ini saya melihat pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Io Kufeu merupakan terobosan yang sangat bagus dari Pemda Malaka dibawah kepemimpinan Bupati SBS untuk menata daerah ini agar lebih berkembang dan maju sehingga perlu didukung”

” Sebagai orang tua dikampung ini kami sangat senang karena penataan daerah sudah dimulai. Jalan-Jalan sudah mulai dibangun, listrik juga sudah ada sehingga Tunabesi sebagai pusat Kecamatan Io Kufeu mulai bertumbuh dan berkembang”

” Dulu, kami ambil air bersih di kali dengan jalan kaki berkilo-kilo tetapi saat ini rakyat disini banyak mendapatkan kemudahan karena setiap tahun ada pembangunan untuk pengadaan air bersih . Ini sebuah perubahan yang sangat luar biasa dan rakyat disini sangat senang”

” Setiap tahun rakyat disini mendapatkan sentuhan program pacul tanah gratis dengan traktor milik pemerintah sehingga rakyat juga banyak terbantu dengan program-program seperti itu”

” Sebagai orang tua dikampung ini kita sangat mendukung berbagai program pemerintah yang sifatnya membantu dan mendorong percepatan pembangunan di daerah ini yang intinya untuk mensejahterakan rakyat “(boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *