Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Pemkot Tanjungpinang Gelar FPD untuk Mensinkronkan Program Prioritas dengan Usulan Masyarakat

49
×

Pemkot Tanjungpinang Gelar FPD untuk Mensinkronkan Program Prioritas dengan Usulan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Untuk memperkuat usulan masyarakat dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kota Tanjungpinang (Bappelitbang) mengadakan Forum Perangkat Daerah (FPD) di Royal Room All True, Hotel Tanjungpinang, pada Selasa, 20 Februari 2024.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat, bersama dengan para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkot Tanjungpinang.

Dalam arahannya, Zulhidayat menjelaskan bahwa pertemuan yang diadakan bertujuan untuk menajamkan program prioritas yang berkaitan dengan topik Indonesia Emas 2045 dan merupakan awal dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta mensinkronkan kebijakan provinsi dan arahan presiden 7 program prioritas.

“Selanjutnya, kami akan memilah kegiatan yang sudah dihasilkan dari APBD Kota, APBD Provinsi, maupun APBN. Tentu saja, usulan-usulan tersebut biasanya akan dipilah setiap tahun. Setiap kecamatan minimal 10 usulan teratas akan diakomodir pada Rencana Kerja (Renja) OPD masing-masing,” ujar Zulhidayat.

Lebih lanjut, Zulhidayat menyebutkan bahwa usulan pembangunan infrastruktur akan tetap menjadi fokus utama. Usulan ini selalu disampaikan oleh masyarakat, dengan persentase hampir mencapai 80%.

“Kalau infrastruktur seperti penanganan banjir, jalan, infrastruktur ekonomi misalnya bantuan peralatan usaha dan modal kerja,” tambah Zulhidayat.

Setelah FPD ini, pembahasan tersebut akan dibawa ke tingkat Musrenbang Kota Tanjungpinang, yang akan dilakukan pada awal bulan Maret 2024.

Musrenbang Tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2024 rencananya akan dilaksanakan sekitar tanggal 3-8 Maret 2024.

“Saya meminta kepada para Kepala OPD melalui forum ini agar dapat menentukan dan menyelaraskan program yang akan dilaksanakan dengan usulan masyarakat. Dengan demikian, kegiatan yang akan dilakukan memiliki dampak dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Zulhidayat.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang