Pemerintah Segera Panen Raya Bawang Merah di Malaka

Malaka – Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas TPHP Kabupaten Malaka segera melakukan panen raya bawang merah di Kabupaten Malaka yang dipusatkan di desa Lasaen – Kecamatan Malaka Barat, Rabu (2/10-2019)

Panen raya direncanakan dipimpin Bupati SBS sebagai pencetus program RPM akan melakukan panen simbolis terhadap bawang merah yang sudah layak panen.

Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun, Minggu (29/9-2019)

Dikatakannya, dalam tahun anggaran 2019 Pemerintah Kabupaten Malaka mengembangkan 175 ha bawang merah dan 20 ha bawang putih. Luasan bawang putih tersebut merupakan bantuan pusat ((APBN), sedangkan luasan bawang merah tersebut diatas terdiri dari 150 ha bersumber dari dana APBD II, 5 ha APBD I dan 20 ha dari APBN.

” Khusus untuk bawang merah APBD II, saat ini mulai memasuki masa panen. Menurut rencana akan ada panen simbolis bawang nerah di desa Lasaen pada tanggal 2 Oktober 2019″.

” Persiapan untuk panen tersebut sudah mencapai 90%, dan siap untuk pelaksanaannya. Kita berharap seluruh komponen pelaksana ikut aktif sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses”.

Kadis Yustinus mengatakan keberhasilan program budidaya bawang merah merupakan kerja sama berbagai komponen terutama motivasi dari pencetus Program RPM, Bupati SBS , arahan dan pendampingan tim pakar yang diterjemahkan secara baik oleh petugas teknis di lapangan terutama para petani yang diintervensi program RPM Komoditi bawang merah.

” Kita berharap semua komponen masyarakat terutama para petani bisa termotivasi membudidayakan bawang merah untuk peningkatan kesejahteraan petani supaya rakyat berkelimpahan makanan sesuai maksud pencetus program RPM” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *