Pemerintah Segera Kaji Peluang Investasi  Investor Amerika Untuk Tanaman Jagung dan Perusahaan Ternak di Malaka

Malaka – Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Perangkat Daerah terkait segera melakukan kajian terkait investasi tanaman jagung dan pembangunan perusahaan pakan ternak di Kabupaten Malaka.

Penanaman jagung dalam investasi perdana seluas
500 ha dalam satu hamparan dan dikembangkan jadi 5000 ha akan dikerjakan investor asal Amerika yang dipromotori Ahok.

Selain tanam jagung juga akan dikembangkan pabrik untuk produksib pakan ternak.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan usai menggelar olahraga jalan bersama di Pantai Motadikin, Sabtu (31/8-2019).

Dihadapan Pimpinan Perangkat Daerah dan Tokoh masyarakat serta para kepala desa dari Aintasi Bupati menjelaskan bahwa program investasi yang akan digelar melibatkan investor dari Amerika dan dipromotori mantan Gubernur DKI, Ahok.

Dikatakannya, sesuai rencana investasi itu akan dilakukan berupa penyertaan modal oleh rakyat dan tidak ada jual beli lahan dan tidak ada kontrak lahan.

“Komposisi Penyertaan modal sebesar 20 – 40 – 40.
dengan rincian 20 persen untuk biaya operasional, 40 persen untuk pemilik modal dan 40 persen untuk rakyat pemilik tanah”

“Proses produksi menggunakan mekanisasi pertanian dan rakyat/pemilik lahan bisa dilibatkan sebagai pekerja diluar skema 40 persen hasil sebagai pemilik tanah”

“Dalam rencana investasi ini rakyat tidak boleh jual atau sewa lahan tetapi
rakyat ikut serta dalam penyertaan modal dengan tanah”..

“Senin depan ada rapat tim teknis melibatkan perangkat daerah terkait dengan salah satu agenda pembahasan yakni rencana Inventaris dan pemetaan tanah rakyat untuk mewujydkan rencana investasi dimaksud”

Bupati minta sebelum direalisasikan program ini perlu disosialisasikan oleh pengusaha dengan rakyat. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *