Pemerintah Komit Perhatikan Pelaksanaan Program KKBPK Karena Sangat Berkaitan Dengan Program Pembangunan SDM di Malaka

Malaka – Pemerintah Kabupaten Malaka tetap berkomitmen memberikan perhatian pada pelaksanaan Program KKBPK karena program ini tidak terpisahkan dengan program prioritas pembangunan di Kabupaten Malaka, khususnya program pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan kesehatan.

Dalam pelaksanaan program KKBPK selanjutnya,khususnya dalam aspek menjaring akseptor diingatkan kepada Kepala OPD KB beserta jajarannya agar tidak menggunakan cara paksaan, ancaman apalagi kekerasan untuk mendapatkan akseptor.

Penugasannya, harus lakukan advokasi dan KIE atau memberikan informasi dan pengetahuan yang berulang-ulang agar masyarakat benar-benar memahami manfaat menjadi peserta KB. Jika cara ini dilakukan secara terus menerus,maka pada saatnya calon akseptor akan berinisiatif menemui petugas karena program KB sudah menjadi kebutuhan.

Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat mrmbuka Kegiatan Sosialisasi, Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Betun, Kabupaten Malaka, Rabu (4/12 – 2019)

Dikatakannya, mengawali pertemuan yang bermartabat ini, mari kita memanjatkan syukur dan pujian kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Pengasih, karena atas Perlindungan-Nya kita diberi kesempatan berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat, untuk mengikuti pertemuan Advokasi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Bagi Para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Malaka.

“Selanjutnya, selaku pimpinan daerah di Kabupaten Malaka, saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Malaka mengucapkan selamat datang serta terimakasih dan rasa bangga kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur Bapak Viktor Bungtilu Laiskodat, SH dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur ibu Julia Laiskodat, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Timur bapak Marianus Maukuru beserta rombongan yang berkenan datang di Betun guna menghadiri pertemuan ini”.

“Selaku Bupati Malaka, saya memberikan apresiasi dan menilai sangat positif penyelenggaraan pertemuan ini, mengingat Program KKBPK memiliki andil yang besar dalam pembangunan sumberdaya manusia menuju keluarga yang sehat dan sejahtera”.

“Dalam pertemuan hari ini, para peserta akan memperoleh banyak informasi dan pengetahuan dari nara sumber yang berkompeten, tentang hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Program KKBPK bersinergi dengan program pemerintah lainnya di wilayah kerja atau lintas sektor masing-masing”.

“Keberhasilan suatu program seperti Program KKBPK ini tidak terlepas dari dukungan dan komitmen para stakeholder serta partisipasi masyarakat. Tidak saja program KKBPK, namun untuk mencapai keberhasilan semua program pemerintah yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat, diperlukan komitmen para stakeholder dan keterlibatan masyarakat. Jika semua pihak terkait dan masyarakat berkomitmen dan terlibat aktif dalam mendukung pelaksanaan Program KKBPK, maka kita akan mampu mempertahankan, meningkatkan dan memantapkan upaya-upaya pengendalian pertumbuhan penduduk serta mampu meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Hal ini karena hanya dengan pertumbuhan penduduk yang terkendali serta keluarga yang berketahanan dan mandiri, geliat pembangunan yang kita laksanakan dapat berlangsung lancar dan mencapai hasil yang optimal sehingga benar-benar dapat dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Malaka’.

“Saya sangat memahami bahwa sejak dimulainya era otonomi
daerah, pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga
Berencana dan Pembangunan Keluarga telah menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah, sehingga selaku pimpinan daerah, saya berkomitmen mendukung pelaksanaan program yang profesional, terus menerus dan berkelanjutan dalam rangka mencapai sumberdaya manusia yang berkualitas dan keluarga yang sejatera. Untuk mewujudkan hal tersebut tentu dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas segenap jajaran OPD yang menangani program KKBPK, juga dibutuhkan sinergitas program lintas sektor, dengan pola pelaksanaan
tetap bermartabat serta menghargai dan melindungi hak-hak penduduk sebagai warga negara”.

” Dengan demikian, di masa yang akan datang, Program KKBPK benar-benar mampu meningkatkan kualitas penduduk dan keluarga sebagai aset pembangunan yang tak ternilai harganya. Penduduk yang berkualitas jelas akan memberi dukungan yang sangat signifikan pada kelancaran roda pembangunan di Kabupaten Malaka”.

“Perlu saya tandaskan di sini bahwa pemerintah daerah
tetap berkomitmen memberikan perhatian pada pelaksanaan Program KKBPK karena program ini tidak terpisahkan dengan program prioritas pembangunan di Kabupaten Malaka, khususnya program pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan kesehatan. Dalam pelaksanaan program KKBPK selanjutnya,khususnya dalam aspek menjaring akseptor, saya mengingatkan Kepala OPD KB beserta jajarannya agar tidak menggunakan cara paksaan, ancaman apalagi kekerasan untuk mendapatkan akseptor. Tugas kalian adalah melakukan advokasi dan KIE atau memberikan informasi dan pengetahuan yang berulang-ulang agar masyarakat benar-benar memahami manfaat menjadi peserta KB. Jika cara ini dilakukan secara terus menerus,maka pada saatnya calon akseptor akan berinisiatif menemui petugas karena program KB sudah menjadi kebutuhan”.

“Pada kesempatan ini saya juga minta keterlibatan dari para camat dan kepala desa,agar memanfaatkan segala potensi di wilayah masing-masing, antara lain tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita dan kelompok pemuda agar berkontribusi dalam pelaksanaan program KKBPK”.

“Sebelum mengakhiri sambutan saya, dengan tulus saya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Timur,dan semua pihak terkait, termasuk para camat dan kepala desa yang mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan Advokasi dan KIE Program KKBPK bagi Para Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Malaka ini. Saya harapkan agar peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius, guna menambah wawasan dalam rangka mendukung pelaksanaan program KKBPK di wilayah kerja masing-masing” . (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *