Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid 19 Harus Dijaga Agar Tidak Turunkan Imun Siswa dan Guru

Pemberlakuan sistim pembelajaran dimasa Pandemi Covid 19 harus tetap dijaga dan diawasi supaya tidak berdampak negatif kepada siswa dan guru.

Semua aktifitas pembelajaran jangan sampai memberatkan siswa dan guru sehingga berakibat pada menurunnya imun guru dan anak.

Pengawas Dikmen Kabupaten Malaka, Yulius Seran Bria mengatakan hal itu saat melakukan pemantauan di SMAN 1 Malaka Barat di Besikama, Senin (24/8-2020).

Dikatakannya, terkait tugas pembelajaran selama masa Pandemi Covid 19 harus tetap dijaga keseimbangannya agar tidak membuat imun anak menurun.

” Demikian juga untuk guru supaya tetap dijaga agar tidak menurun imunnya karena beban kerja yang terlalu berat”

” Terkadang tugas guru terlalu berat untuk memeriksa tugas anak sehingga imun guru juga bisa turun dan menimbulkan sakit”

” Hal -.hal seperti ini yang harus dijaga sehingga pembelajaran di sekolah dan saat anak belajar di sekolah harus sesuai dengan materi dan jangan terlalu sukar (Sedang-sedang saja)”

” Terkait implementasi pembelajaran dimasa Covid Ini Penerapan New Norms mutlak dilakukan. Sebagai Pengawas Dikmen Di Kabupaten Malaka saya selalu memantau di beberapa sekolah baik itu SMA maupun SMK di Kabupaten Malaka ternyata semua sekolah sudah menjalankannya sesuai arahan Bupati Malaka dan tuntutan Protokol Kesehatan Covid 19″.

” Khusus untuk pembelajaran setiap harinya dibeberapa sekolah bahkan hampir semua sekolah yang saya pantau mereka menggunakan sistim pembelajaran silang kelas secara bergantian”

” Didalam sistim pembelajaran silang kelas Ini sekolah mengaturnya misalnya Hari Senin untuk Kelas 10, Selasanya Kelas 11 dan Rabu Kelas 12. Kemudian Hari Kamisnya kembali ke Kelas 10, Jumat Kelas 11 Dan Sabtu Kelas 12. Seperti itu, sehingga yang menjadi Tugas Belajar di Rumah (BDR) Itu ada 4 hari”.

” Nah , yang menjadi perhatian saya disini sebagai Pengawas adalah terkait dengan pembelajaran karena kita hanya 1 Minggu Guru bertemu dengan anak Itu 2 Hari 4 harinya ada di rumah”

“Fokus perhatian saya sekarang Ini adalah mau nemastikan kepada bapak/ Ibu Guru bahwa tatkala anak datang selama 2 hari apa yang dia belajar dari kita”

” Kemudian tatkala 4 hari di rumah apa yang dia pelajari di rumah. Ini yang menjadi fokus. Yang jelas bahwa dalam satu dua hari ini beberapa sekolah sudah saya pantau dan kita memberikan semacam tips dimasa Covid Ini arahannya adalah tidak harus tuntas kurikulum, tetapi anak harus belajar dan Guru harus mengajar”

” Harapan saya Penerapan Protokol Kesehatan yang di terapkan Kabupaten Malaka khususnya Bapak Bupati sebagai Ketua Gugus Covid 19 biar iramanya tetap dilaksanakan. sambil berharap Vaksin bisa ditemukan secepatnya”.

“Harapan saya kepada teman-teman di sekolah, Bapak/ Ibu Guru dalam melaksanakan tugas tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *