Pembangunan Infrastruktur Dengan Sistim Kerja Sama Sangat Membantu Rakyat

Malaka –  Rabu (23/10-2019) Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kabupten Malaka dengan Sistim kerja sama dengan pihak ketiga sangat membantu rakyat.

Metode Sistim Kerja Sama yang digunakan sesuai acuan Perpres no 58 tahun 2017 tentang Kerja Sama Pemerintah Daerah Dengan Badan Usaha Dalam Penyiapan Infrastruktur.

Pemkab Malaka sudah melakukan kaji banding di Propinsi Jatim dan mereka sangat berhasil membangun Infrastrukur jalan dan jempatan di Wilayah itu sehingga model kerja sama itu diadopt Pemkab Malaka sejak tahun 2018.

Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat dikonfirmasi wartawan di Betun, Rabu (23/10-2019)

Bupati yang akrab dipanggil dengan SBS itu mengatakan banyak keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan metode itu.

Dikatakannya, keuntungan dari program ini yakni terjadi percepatan pembangunan infrastruktur walau jabatan Bupati itu hanya lima tahun tetapi rakyat langsung bisa menggunakan jalan itu walau bayarnya cicil.

Kedua, pemerintah dengan keterbatasan anggaran tetapi bisa membangun tuntas walau dengan anggaran sedikit.

Ketiga, dengan sistim ini bersih karena meminimalkan KKN, aman bagi pemerintah karena pihak ketiga tidak mungkin lari karena pekerjaannya sudah selesai dikerjakan.

Kadis PUPR Kabupaten Malaka melalui Kabid Bina Marga, Lorens Haba secara terpisah kepada wartawan mengatakan penggunaan sistim kerja sama ini sangat berhasil berkat kerja sama Pemerintah dan DPRD Kabupaten Malaka.

“Dengan sistm ini tahun kedua dan tahun ketiga Dewan tidak bahas lagi dalam sidang DPRD tetapi langsung ketuk palu dan dibayar karena sudah diatur dalam MOU karena menjadi hutang kepada pihak ketiga”

Dikatakannya, Bupati SBS membuat terobosan dalam pembangunan infrastruktur supaya pekerjaannya cepat walau dengan anggaran terbatas beliau menggunakan metode yang dibuat dalam bentuk sistim kerja sama.

“Sistem kerja sama ini dibuat berdasarkan MOU antara Bupati dan Pimpinan DPRD yang tertuang dalam DPA Dinas PUPR Kabupaten Malaka dan saat tender pekerjaan sudah menggunakan sistim kerja sama dimana pekerjaannya satu tahun tetapi pembayarannya dibayar 2 atau 3 tahun kedepan.

“Keuntungannya, rakyat langsung menerima dan menikmati ruas jalan itu sementara, pembayarannya bisa dicicil” .

” Metode ini sangat efektif dan kontraktor seperti ini yang harus didukung. Kita apresiasi kepada Bupati SBS yang meluncurkan Program ini dengan metode Sistim Kerja Sama sesuai acuam Perpres no 58 tahun 2017 tentang Kerja Sama Pemerintah Daerah Dengan Badan Usaha Dalam Penyiapan Infrastruktur’.

“Kita mengadopsi juga di Jawa Timur dan belajar disana ternyata dengan sistim ini pembangunan infrastruktur bisa berjalan cepat dan dinikmati rakyat”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *