Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Pelajar SMA Tanjungpinang Meriahkan Jambore PKK dengan Inovasi Teknologi Tepat Guna

17
×

Pelajar SMA Tanjungpinang Meriahkan Jambore PKK dengan Inovasi Teknologi Tepat Guna

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Sejumlah pemenang dari lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) memeriahkan acara Jambore PKK Kota Tanjungpinang ke-8 yang berlangsung di Halaman Rumah Dinas Wali Kota Tanjungpinang pada Selasa, 23 April 2024.

Selama tiga tahun berturut-turut, yakni pada tahun 2022 hingga 2024, pelajar tingkat SMA Kota Tanjungpinang berhasil meraih penghargaan sebagai juara 1 hingga 3 dalam lomba itu.

Ketika Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang Zulhidayat, meninjau lokasi TTG, beberapa peserta yang terlibat memberikan penjelasan padanya.

Nurhayati selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang mengatakan bahwa sebanyak 4 utusan dari masing-masing sekolah yang terlibat dalam pameran inovasi TTG menampilkan 10 produk TTG mereka.

“Setiap utusan memiliki kemampuan inovasi teknologi tersendiri,” jelasnya.

Keempat sekolah yang mengirimkan utusan ke TTG ini adalah:
1. SMAN 2 Tanjungpinang dengan karya Lampu Sensor Otomatis Menggunakan Sensor Gerak dan Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Pewarna Alami Produk Batik Gonggong Asik.
2. SMAN 1 Tanjungpinang dengan karya Aplikasi Teknologi Aquades (Akuaponik berbasis Destilasi Air Asin) sebagai Inovasi Budidaya Maritime dan Agrikultur.
3. SMP Islam De Green Camp Tanjungpinang dengan karya Filter Plus dan Green Roller Refil.
4. SMKN 3 Tanjungpinang yang membawa karya Pakan Ikan berbasis IoT, Mesin Pengering, Turbin Angin, Mesin Pembakar Otak Otak Otomatis, dan Mesin Pengiris Bawang Merah.

Nurhayati berharap agar di masa mendatang, mereka bisa meraih juara tingkat nasional pada lomba inovasi Teknologi Tepat Guna yang akan diadakan di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Semoga kita bisa meraih juara tingkat nasional pada lomba yang akan dilaksanakan di NTB tanggal 6 Juni 2024,” pungkasnya.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang