PDPM Kabupaten Malaka : Momentum Natal dan Tahun Baru 2020 Harus Bisa Mengikat Kembali Benang Kebangsaan

HARAPAN KETUA PENGURUS DAERAH  PEMUDA MUHAMMADIYAH (PDPM) KABUPATEN MALAKA DALAM  MOMENTUM NATAL DAN TAHUN BARU 2020, MARI MENGIKAT KEMBALI BENANG KEBANGSAAN
Oleh : Saiful Abdullah, S.Pd
Ketua Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Malaka

Kami mengingatkan kembali bahwa bangsa Indonesia terdiri dari ratusan suku, agama, dan banyak budaya yang disatukan dalam bingkai NKRI, Pancasila, dan Undang-undang Dasar 1945. Atas dasar semangat tersebut, maka pada hari raya Natal 2019 ini mari saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Rai Malaka untuk menjaga persatuan dan menjunjung toleransi.

Menyongsong perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, saya berharap mari kita jadikan momentum tersebut untuk mengikat kembali persatuan dan kesatuan bangsa.
Benang kebangsaan dalam bentuk persatuan dan kesatuan perlu diikat erat kembali, karena mungkin sempat kusut saat bangsa ini khususnya di Rai Malaka  melaksanakan Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif tahun ini.

Persatuan dan kesatuan bangsa mungkin juga sempat retak ketika terjadi berbagai peristiwa sosial yang memancing gesekan di masyarakat sepanjang tahun ini. Di momen tahun baru ini saatnya menjadi wahana kerohanian kita dalam hidup berbangsa khususnya di Rai Malaka yang sama-sama kita cintai ini.

Semoga bangsa ini bisa semakin dewasa menyelesaikan setiap masalahnya. Kehidupan bangsa Indonesia sebagai masyarakat majemuk, terutama ketika ada persoalan sosial rentan yang memicunya, seperti rumput kering yang mudah terbakar api, padahal titik bakarnya kecil, tapi seringkali bisa meluas.

Mari kita jadikan momen Natal dan Tahun Baru 2020 ini menjadi ikhtiar bersama untuk membangun solidaritas kolektif yang positif sebagai sesama anak bangsa.
Saya berharap dari momen Natal ini juga bisa menjadi momentum menguatkan semangat toleransi antara umat, kepercayaan serta agama yang ada. Agar tercipta semangat kerukunan,  menyongsong pergantian tahun 2020 ini juga semoga bangsa khususnya masyarakat Rai Malaka  ini bisa semakin dewasa menyelesaikan setiap masalahnya.

“Selamat hari Natal dan Tahun Baru 2020, terutama untuk Saudara-Saudara yang beragama Kristiani di manapun berada, khususnya yang berada di Rai Malaka. Semoga Natal tahun ini menjadi Natal yang penuh kedamaian dan membawa perdamaian”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *