Paul Miki : Lelang Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUPP Betun – Malaka Gunakan Metode Rancang Bangun

PPK Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap di RSUPP Betun tahun anggaran 2021 mengatakan proses pelelangan proyek di RSUPP sudah sesuai ketentuan menggunakan metode rancang bangun.

Dengan demikian proses pelelangan yang dilakukan sekaligus baik perencanaan dan pengerjaan fisik.

Itu metode baru yang diterapkan di NTT dan baru pertama kali dilakukan di Kabupaten Malaka.

Hal itu disampaikan PPK PPK Proyek Pembangunan Gedung Rawat Inap  RSUPP Betun tahun anggaran 2021, Paul Miki kepada wartawan, Rabu ( 4/8-2021 ) malam ini.

Paul menjelaskan Lelang Pembangunan Gedung Rawat Inap Rumah Sakit sudah selesai. Metodenya menggunakan Design and Build (Rancang dan Bangun). Dasar hukumnya adalah Permen PU PR nomor 25 Tahun 2020 tentang perubahan atas permen PU PR no 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengadaan Pekerjaaan Konstruksi Rancang Bangun melalui Penyedia.

Dikatakannya, pada pasal 6 disebutkan bahwa kriteria pekerjaan Rancang Bangun (Design and Build) meliputi : a) Pekerjaan Kompleks dan atau b). pekerjaan mendesak. Kriteria mendesak meliputi 1). Secara ekonomi dan/atau sosial memberikan nilai manfaat lebih kepada masyarakat, 2). Segera dimanfaatkan, 3). Pekerjaan perancangan/perencanaan dan pekerjaan konstruksi tidak cukup waktu untuk dilaksanakan secara terpisah.

” Atas dasar ini maka ditetapkannya Keputusan Bupati Malaka Nomor 99 Tahun 2021 tentang Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang Bangun Gedung Rawat Inap pada Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun, Kabupaten Malaka”

Kasubag ULP Kabupaten Malaka, Sally Nahak secara terpisah kepada wartawan menjelaskan metode pelelangan yang dipakai menggunakan sistem Terintegrasi Rancang Bangun berdasarkan Permen PUPR nomor 25 tahun 2020″

Dijelaskannya, metode pelelangan seperti ini sudah ada dan dipakai dari dulu untuk tender-tender di Kementrian PUPR tetapi di Kabupaten Malaka baru pertama kali digunakan. Jadi memang menarik dan juga bisa jadi edukasi buat masyarakat khususnya para pelaku usaha di bidang Kontraktor Fisik.

” Ini pertama di NTT, baru pertama kali dipakai metode pemilihan penyedia melalui sistem terintegrasi rancang bangun yakni di kabupaten Malaka” ( boni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *