Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Pasar Encik Puan Perak Tanjungpinang: Masyarakat Puas dengan Inisiatif Bersih dan Nyaman dari Pemkot

80
×

Pasar Encik Puan Perak Tanjungpinang: Masyarakat Puas dengan Inisiatif Bersih dan Nyaman dari Pemkot

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang mendapat respons positif dari masyarakat setelah mengambil langkah untuk mewujudkan pasar tradisional yang bersih dan nyaman, seiring dengan beroperasinya Pasar Encik Puan Perak.

Sebelumnya, pasar yang bernama Pasar Baru, mulanya dikenal oleh masyarakat sebagai pasar yang semrawut, becek, dan jauh dari kata nyaman.

Menurut Razib (45), yang merupakan salah satu warga yang hampir setiap hari membeli kebutuhan rumah tangganya di Pasar Baru, kondisi Pasar Encik Puan Perak yang sekarang jauh lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

“Saya masih ingat, dulu kalau hujan hampir setiap lapak terkena air hujan dan becek. Untuk masuk ke dalam pasar, kita sampai harus memiringkan badan. Sekarang sudah jauh lebih nyaman, bisa berbelanja membawa anak,” ujar Razib kepada wartawan, pada Senin, 20 Mei 2024.

Namun, meskipun belum seramai dulu, Razib berpendapat bahwa kondisi itu disebabkan belum seluruh pedagang menempati kembali meja atau kios yang telah terdaftar atas namanya.

Jika seluruh pedagang telah bersedia menempati meja atau kiosnya, dia yakin masyarakat juga akan terbiasa berbelanja di Pasar Encik Puan Perak.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi kebijakan Pemkot Tanjungpinang yang mampu mengakomodir seluruh pedagang, terutama bagi pedagang yang dulunya hanya berjualan di tempat seadanya di sekitar Pasar Baru kini mendapat meja tersendiri di Pasar Encik Puan Perak.

Razib menyatakan bahwa Pemkot Tanjungpinang berusaha untuk memperbaiki kondisi pasar dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Jadi, tidak tepat jika tindakan Pemkot Tanjungpinang dianggap semena-mena.

Menurut seorang pedagang di Pasar Encik Puan Perak yang menjual cabai, bawang dan sayuran di Blok A, Rahman, dia mendukung upaya dan langkah Pemkot Tanjungpinang dalam memperbaiki pasar.

Dia hanya meminta agar sarana penunjang untuk memudahkan proses mengangkat barang dagangan ke lantai 2 Blok A, atau sarana lain sejenis, dapat segera dilengkapi.

Di tempat lain, pedagang di Blok B-C Pasar Encik Puan Perak, yang terdiri dari bangunan satu lantai, tidak mengalami hambatan dalam proses pemuatan barang dagangan. Para pedagang di blok ini, hanya meminta agar seluruh pedagang yang berjualan di tempat yang telah diundi untuk tetap berada di dalam pasar.

“Kalau masih ada pedagang yang berjualan di luar pasar, tentu tidak akan ada yang masuk ke dalam. Pasar sudah bersih. Kalau terus seperti ini, saya yakin lama-lama orang akan terbiasa belanja di sini. Persyaratan utama adalah semua pedagang harus berjualan di dalam pasar,” ujar Zirwan, seorang pedagang cabai di Blok B-C.

Editor: Budi Adriansyah