Partisipasi Masyarakat Kunci Keberhasilan Peningkatan Kualitas Kesehatan Warga

Area Manager (AM) wilayah Malaka PKM/CD Bethesda Yakkum, Heny Pesik mengatakan salah satu kunci keberhasilan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yakni adanya partisipasi aktif warga dan adanya pendampingan secara intensif mulai dari penyusunan rencana aksi, pemdampingan teknis pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, penanganan dan pencegahan penyakit menular dan penyakit tidak menular, sanitasi total berbasis masyarakat, pengembangan potensi pangan lokal bergizi seperti kelor dan tanaman berkhasiat obat serta evaluasi secara partisipatif,

Hal itu disampaikan Heny Pesik dalam kegiatan evaluasi pelaksanaan Rencana Aksi Desa (RAD) dan perjanjian kerjasama antara Pemerintah desa dengan Puskesmas pada bidang kesehatan yang digelar di Betun belum lama ini.

Dikatakannya, selama ini sudah ada peningkatan pelayanan kesehatan di desa Naas, Maktihan, Besikama, Oanmane, Fafoe, Loofoun bersama Puskesmas Besikama. Demikian juga dengan desa-desa yang bekerjasama dengan Puskesmas Weliman yakni Laleten, Leunklot, Umalawain, Wederok, Lamudur, dan Forekmodok.

” Sudah ada pelayanan posbindu di 12 desa dampingan CD Bethesda, bekerjasama dengan puskesmas yang melakukan pemeriksaan medis dan kader yang melakukan pelayanan herbal. Bahkan kini sudah ada 15 kelompok yg mengembangkan produk pangan lokal dari marungga dan ramuan herbal serta 3 kelompok yg sudah memproduksi closed”

“Jika 18 kelompok ini mendapat dukungan pemerintah desa untuk memasarkan produk kelompok melalui BUMDes maka keuntungan akan dapat dirasakan oleh banyak pihak yg ada di desa,”

Dalam evaluasi peserta juga menyampaikab bahwa telah terjadi peningkatan pelayanan kesehatan di desanya karena sudah ada pelayanan posbindu, ada 6 desa yg meraih juara lomba asman Tanaman Obat Keluarga (Toga), ada 15 kelompok pengelola pangan lokal dan hetbal serta ada 3 kelompok pembuat closed. Jika semua potensi dikembangkan maka kesehatan fisik akan meningkat, kesehatan ekonomi juga tercapai dan kesehatan sosial masyarakat menjadi lebih baik.

Heny juga berharap agar pelayanan kesehatan masyarakat semakin berkualitas disertai dengan peningkatan kesehatan ekonomi masyarakat. ( boni)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *