Pacul Tanah Gratis Di Desa Umalawain 30 Ha Tuntas – Traktor Bergeser di Haliklaran – Malaka

Program pacul tanah gratis yang dicanangkan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran terus bergerak dari desa ke desa.

Di Kecamatan Weliman, traktor milik pemerintah yang dikelola Dinas Pertanian Malaka itu sudah pacul tanah di Desa Umalawain sebanyak 30 ha sudah tuntas dikerjakan dan hari ini berpindah ke,desa tetangga di Haliklaran.

Penyuluh tetap melakukan pemantauan dan mengawal agar tanah rakyat yang sudah dipacul supaya ditanami dan dirawat tanamannya supaya memberi hasil yang optimal bagi rakyat.

Sekretaris PPL Kecamatan Weliman, Antonius Seran Nahak mengatakan hal itu kepada wartawan di Umalawain, Selasa (1/9-2020)

Dikatakannya, PPL di Weliman tetap melakukan pengawalan kepada petani yang lahannya dipacul supaya harus tanam pada musim penghujan tiba.

” Kami tetap berkoordinasi dengan para kades dan kelompok tani yang tanahnya dipacul supaya siap melakukan penanaman pada musim penghujan tiba”

” Kita terus melakukan pengawalan dan sejak dini menyiapkan para petani supaya harus tanam saat musim tanam tiba”

Penjabat Desa Umalawain, Alfonsius Seran kepada wartawan mengapresiasi Pemda Malaka melalui dinas Pertanian yang sudah pacul tanah rakyat di desanya.

” Tahun ini sesuai kuota yang diberikan kegiatan pacul tanah rakyat di desa Umalawain tuntas dikerjakan seluas 30 ha dan saat ini traktornya sudah pindah ke desa tetangga”

” Kami bersama aparat desa bekerja sama dengan PPL menyiapkan petani agar lahan yang sudah dipacul harus ditanami petani pada saat musim penghujan tiba”

” Rakyat disini sangat antusias dengan program ini karena bisa membantu petani memiliki kebun yang lebih luas untuk ditanami”

” Kami terus kawal supaya tanah yang sudah dipacul ditanami, dibersihkan , dirawat supaya hasilnnya bisa optimal agar rakyat berkelimpahan makanan sesuai tujuan Program RPM”

Petani asal desa Umalawain, Yohanes Seran Nahak kepada wartawan menyampaikan terima kasih kepada Bupati SBS yang sudah mencanangkan program pacul tanah gratis buat rakyat.

” Kami sangat berterima kasih karena setelah program ini diluncurkan rakyat sangat antusias berkebun dan setiap tahunnya rakyat selalu panen hasil dan rakyat berkelimpahan makanan” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *