Optimis Derajat Kesehatan Masyarakat Bakal Meningkat – Warga Desa Laleten – Malaka Terus Galakkan Pembersihan Lingkungan

Malaka – (Advertorial) – Ratusan Warga Desa Laleten di Kecamatan Weliman – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT sangat responsif dan berperan aktif dalam kegiatan pembersihan lingkungan melalui program Jumat Bersih yang digelar di desa.

Selama kegiatan Jumat Bersih setiap minggu selalu ada penambahan jumlah warga yang berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan lingkungan.

Kita sangat optomis Desa Laleten akan berubah dan seiring dengan perjalanan waktu derajat kesehatan warga disini akan meningkat berkat berbagai upaya yang dilakukan terutama dengan menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan.

PJ Kepala Desa Laleten, Lorens Haba mengatakan hal itu kepada wartawan disela kegiatan Jumat Bersih bersama warga di dusun Berika – Desa Laleten- Kecamatan Weliman – Kabupaten Malaka – ProvinsI NTT, Jumat (3/7-2020).

Dikatakannya, sejak dirinya diangkat Pemerintah dengan surat tugas tanggal 29 Mei 2020 untuk menjabat sebagai Pj Kepala Desa Laleten dirinya menggelar rapat perdana dengan Aparat Desa dan BPD dan hasilnya persoalan kebersihan harus menjadi agenda utama yang harus diurus.

” Karena kebersihan itu harus dimulai dari diri sendiri maka sebagai penjabat Kepala Desa bersama aparat menggelar pembersihan lingkungan kantor desa pada Jumat bersih minggu pertama”

” Pada Jumat Bersih minggu kedua dan hari ini Jumat Bersih minggu III kita lanjutkan pembersihan lingkungan sepanjang jalan utama di desa Laleten”

” Hari ini kami gelar kegiatan Jumat bersih minggu ketiga dimana kita lanjutkan pemotongan dahan pohon yang menjorok masuk ke bahu dan badan jalan . Kita bersihkan juga tumpukan material di bahu jalan dan bersihkan rumput-rumput yang sudah tinggi disetiap bahu jalan”

” Kami harus dahulukan pembersihan lingkungan di Jalan utama desa Laleten karena jalan ini banyak dilintasi kendaraan yang cukup padat setiap harinya sehingga harus segera diurus agar memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi para pengguna jalan yang melintas di daerah ini”

” Selain itu desa Laleten merupakan desa yang menjadi pusat ibu kota Kecamatan Weliman . Dengan pemikiran itu desa ini sangat special dan harus ditata berbeda dengan desa lain”.

” Kita harus tata desa ini karena menjadi pusat pelayanan publik di Kecamatan Weliman. Di desa Laleten ada Kantor Camat , Puskesmas dan Kantor Polsek, Sekolah SD, SMP dan SMA dan gereja”

” Desa ini harus ditata berbeda dengan desa lain sehingga saat orang melintasi jalan ini mereka akan tahu sudah tiba di desa Laleten -Pusat Kecamatan Weliman”.

” Oleh karena itu kami bersepakat untuk menata jalan umum supaya terlihat luas, nyaman, bersih  dan tidak ada penumpukan material di bahu jalan untuk menghindari kecelakaan dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan”.

” Kegiatan Jumat Bersih di Desa Laleten merupakan implementasi dari Program Kebersihan yang dicanangkan Bupati SBS dengan harapan bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan rakyat bisa terhindar dari segala bentuk penyakit menular”

“Kalau jalan dan lingkungan rumah kita bersih otomatis kita sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit menular termasuk pandemi Covid 19”

” Kegiatan Jumat Bersih yang kita galakkan merupakan media untuk membangun kesadaran masyarakat agar mencintai budaya bersih dan sehat”

” Setelah jalan protokol selesai dibersihkan kita akan patroli di jalan lingkungan dan rumah penduduk. Semua lingkungan rumah rakyat harus bersih, rapi dan tidak boleh digenangi air” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *