Olimpiade Tokyo 2020 : Cabor Panahan Mulai Dipertandingkan, Besok Mixed Tim vs USA.

Cabang olahraga Panahan mulai dipertandingkan di hari pertama, pesta olahraga multi event ini menurut rencana baru akan dibuka nanti sore oleh Kaisar Jepang pada pukul 18.00 wib. Pada devile pembukaan nanti, Indonesia akan diwakilkan 4 atlit dan 6 official. Dalam Olimpiade kali ini cabor Panahan mengirim 1 atlit putri dan 3 atlit putra dari 28 atlit yang mewakili 8 cabang olahraga.

Walaupun Olimpiade Tokyo baru dibuka nanti sore waktu Indonesia barat, namun beberapa cabang sudah mulai dipertandingkan seperti, softball, sepakbola, dayung dan panahan.
Cabang olahraga panahan akan dilaksanakan di Yumenoshima Park Archery Field, pagi ini akan memulai babak kualifikasi( Qualification Round) untuk menentukan skor di kelompok putri dan putra.


Pada nomor perorangan putri Indonesia menurunkan satu-satunya atlit andalan asal Jawa Timur Diananda Choirunisa, sedangkan di nomor putra harapan Indonesia tertumpu pada Riau Ega Agatha Salsabila (Jatim), Arif Dwi Pangestu (DIY), Bagas Putra Alviyianto (Jateng).
Pada sesi 1 kualifikasi putri, atlit Indonesia Diananda menempati urutan 46 dari 64 atlit yang masuk dalam babak eliminasi. Namun pada sesi 2, Diananda mulai stabil dan finish di urutan 40 dengan catatan skore 631.
Pada babak eliminasi nanti Diananda akan ditantang Jager Maja urutan ke 25 dari Denmark. Jika Diananda mampu mengatasi wakil Denmark, sudah menanti pemenang antara Australia dan Rusia.

Pada kualifikasi nomor perorangan putri nampak posisi 3 besar didominasi atlit Korea Selatan. Sementara Indonesia berada 3 peringkat di atas Malaysia.
Sementara di kualifikasi putra, di sesi 1 Riau Ega Agatha Salsabila menempati peringkat 10 dengan skor 337, Bagas Putra Alviyanto peringkat 25 dengan skor 331 dan Arif Dwi Pangestu urutan 26 dengan catatan skor 330 dengan hasil ini untuk sementara tim beregu putra menempati ranking 4.

Setelah melelui persaingan yang ketat di sesi 2, Riau Ega finish diurutan 15 (166 poin), Bagas urutan 26 (658 point) dan Arif peringkat 32 (655 poin). Untuk kualifikasi nomor beregu putra Indonesia menempati 7 dari 12 tim dengan Raihan 1979 poin. Pada nomor beregu campuran dari hasil kualifikasi Indonesia menempati urutan 15 (1297 poin) dari 29 negara peserta.

Menurut jadwal besok akan mulai dipertandingan nomor mixed beregu. Dengan berakhirnya qualification round, besok perburuan medali mulai diperebutkan karena Indonesia akan turun di nomor beregu campuran (mixed Team). Pada nomor ini Indonesia akan menurunkan 2 atlit andalan asal Jawa Timur Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agata Salsabila dan akan berhadapan dengan pasangan dari Amerika Serikat, Brown Mackenzie – Ellison Brady.

Untuk nomor beregu putra trio arjuna Indonesia, Riau Ega Salsabila, Arif Pangestu, Bagas Putra Alviyanto akan berhadapan dengan Tom Hall, Patrick Huston, James Woodgate dari Inggris. ( fw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *