Nakertrans Malaka Tetap Dorong Warga Kembangkan Ekonomi Kreatif

Dinas Nakertrans Kabupaten Malaka tetap memberikan dorongan kepada rakyat Kabupaten Malaka khususnya kaum muda untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif melalui pengembangan ekonomi kreatif.

Pengembangan ekonomi kreatif berupa mebeler, peningkatan kreativitas usaha, menja, karia seni.

Hal itu disampaikan Kadis Nakertrans Kabupaten Malaka, Vinsen Babu kepada wartawan di Betun, Rabu (23/12-2020)

Dikatakannya, ada dua mata anggaran untuk merealisasi program dimaksud yakni melalui dana APBD untuk peningkatan kualitas Tenaga kerja dengan kegiatan peningkatan usaha mebeler, kegiatan kelompok usaha mandiri.

Sedangkan, program APBN, peningkatan tenaga kerja mandiri, PKM itu kita kembangkan ada yang Budi daya lele, tenun ikat serta usaha wanahana hiburan taman langit di Pantai Motadikin

Vinsen menjelaskan beberapa program kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 sebanyak tiga paket, tahun 2018 sebanyak 10 paket, tahun 2019 Sebanyak 10 paket dan pada tahun 2020 yang direncanakan 7 paket tapi terkendala Pandemi Covid19 sehinga sementara masih menunggu.

” Kegiatan program dari Daerah dan kementrian merupakan Pola pendampingan merupakan dari kementerian dan ketenagakerjaan yang dialokasikan melalui dana tugas pembantuan”

“Jadi peserta yang ada diberikan pembekalan dilanjutkan dengan praktek setelah peserta diberikan sarana usaha,”

” Program yang di berikan kepada kelompok masyarakat hingga saat ini berjalan dengan baik, bahkan untuk kelompok menjahit saat Pandemi Covid19 banyak terimakasih orderan masker dari setiap desa yang ada di Kabupaten Malaka”

” Kelompok menjahit menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, Dinas Naketrans memberikan bantuan berupa mesin jahit Kepada kelompok untuk dilatih menjahit khusus Pakaian Kerja. Hal ini dilakukan Untuk mempercepat pertumbuhan dan pendapatan ekonomi keluarga serta untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Malaka” .

Vinsen berharap program yang ada tetap berlanjut sehingga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. ( boni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *