Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Musrenbang RPJPD Tanjungpinang 2025-2045: Mewujudkan Kota Perdagangan Maju dan Berkelanjutan

75
×

Musrenbang RPJPD Tanjungpinang 2025-2045: Mewujudkan Kota Perdagangan Maju dan Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang), mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tanjungpinang tahun 2025-2045.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Zulhidayat, di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kantor Wali kota Tanjungpinang, Senggarang, Kota Tanjungpinang, pada Senin, 22 April 2024.

Dalam sambutannya, Zulhidayat menyatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang merupakan tahapan yang harus dijalankan dalam penyusunan rencana pembangunan jangka pendek, menengah, dan panjang.

“RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pembangunan daerah jangka panjang selama 20 tahun berdasarkan pada RPJPN, dengan dasar hukum Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” ujar Zulhidayat.

Zulhidayat juga menjelaskan bahwa Musrenbang merupakan media pembentukan komitmen seluruh pemangku kepentingan di Kota Tanjungpinang dalam mewujudkan RPJP daerah periode tahun 2025-2044, sejalan dengan rencana pembangunan jangka panjang nasional dan daerah provinsi Kepulauan Riau.

“Masukan dan saran dari berbagai pihak akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani oleh perwakilan pemangku kepentingan, yang merupakan rencana pembangunan 20 tahun ke depan Menuju Indonesia Emas Tahun 2045,” tambahnya.

Ditambahkannya, Visi RPJPD Kota Tanjungpinang periode tahun 2025-2045 adalah kota perdagangan yang maju, berbudaya, sejahtera, dan berkelanjutan.

“Berdasarkan visi yang telah disusun, lima misi telah ditetapkan dalam mewujudkan visi RPJPD Kota Tanjungpinang,” lanjutnya.

Kelima misi itu adalah:

1. Mewujudkan perekonomian yang inovatif, berdaya saing, dan berkelanjutan berbasis perdagangan dan pariwisata dengan memaksimalkan keberadaan FTZ.

2. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, meliputi tingkat pendidikan, derajat kesehatan, penghayatan, dan pengamalan budaya Melayu.

3. Meningkatkan produktivitas masyarakat, termasuk peningkatan pendapatan dan pengurangan pengangguran.

4. Mewujudkan ketersediaan infrastruktur berkualitas terintegrasi, dan memperhatikan daya dukung lingkungan.

5. Wujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, tangkas, dan kolaboratif.

Terakhir, Zulhidayat mengajak masyarakat, pemangku kepentingan, dan seluruh Perangkat Daerah untuk menyatukan komitmen dalam pembangunan Kota Tanjungpinang selama 20 tahun ke depan.

“Semoga melalui musyawarah ini, kita dapat menyatukan kebijakan dan berkomitmen untuk mewujudkan Kota Tanjungpinang yang maju dan gemilang dengan menyatukan tekad, pikiran, dan tindakan konkret,” tutupnya.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang