Musrenbang Harus Mampu Tumbuhkan Aspirasi Masyarakat

Malaka – Musyawarah Perencanaan Pembangunan baik mulai dari tingkat desa, kecamatan bahkan kabupaten harus mampu menumbuhkan aspirasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan.

Hal itu diungkapkan Camat Rinhat, Yulius Bria saat membacakan sambutan Bupati Malaka Stefanus Bria Seran pada acara pembukaan kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Rinhat, yang berlangsung di aula SDK Biuduk Foho, Senin (10/2).

Musrenbang Kecamatan yang diikuti seluruh elemen masyarakat utusan dari desa, kecamatan dan para Pimpinan Perangkat Daerah itu dijadikan ajang untuk menampung semua aspirasi yang datang dari desa yang selanjutnya akan dibawa sebagai usulan prioritas kecamatan ke Musrenbang Kabupaten nantinya.

“Usulan dan aspirasi kita hari ini dalam Musrenbang akan dibawa ke tingkat kabupaten dan dijadikan usulan prioritas kecamatan Rinhat,” tandas Yulius Bria.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Malaka, Remigius Asa pada kesempatan yang sama mengatakan kegiatan Musrenbang bukan hal yang baru tetapi dijalankan setiap tahun untuk mendapatkan usulan prioritas yang akan direncanakan dan dilaksanakan tahun mendatang.

“Musyawarah ini bertujuan menambah informasi dari desa dan kecamatan tentang kebutuhan fundamen yang ada di masyarakat sehingga dalam perencanaan dan pelaksanaannya tidak menyimpang,” ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya mengemukakan usulan yang akan diprioritaskan oleh masyarakat Kecamatan Rinhat, akan disinkronkan dengan RPJMD Kabupaten Malaka sehingga setiap tahapan pembangunan berjalan sesuai rel tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Adrianus Bria Seran pada saat Musrenbang Kecamatan Rinhat menekankan agar peserta dan utusan yang hadir harus secara jelas melihat permasalahan yang ada di Kecamatan Rinhat dengan memprioritaskan kebutuhan dasar warga seperti air bersih.

Sebagai Pimpinan DPRD dan wakil rakyat, dirinya akan bersama dengan masyarakat berbicara tentang kebutuhan dan kepentingan rakyat, sehingga masyarakat yang ada di Rinhat bisa mendapatkan akses pembangunan seperti yang diharapkan.

Kegiatan Musrenbangcam Rinhat ini dihadiri anggota DPRD Kabupaten Malaka Dapil II, Danramil Biuduk Foho, Kapolses Rinhat. Selain itu hadir juga utusan Dinas, Badan, Bagian dan Unit Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Malaka. (Arry/Kominfo Malaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *