Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

MTQH X Tingkat Provinsi Kepri: Gubernur Kepri Mendorong Masyarakat Menginternalisasi Nilai-Nilai Al-Quran

56
×

MTQH X Tingkat Provinsi Kepri: Gubernur Kepri Mendorong Masyarakat Menginternalisasi Nilai-Nilai Al-Quran

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Batam – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) X di Astaka Utama Alun-alun Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, pada Senin, 20 Mei 2024 malam.

Acara ini dimulai dengan pemukulan kompang oleh Ansar. Tampak Ketua TP-PKK Kepri, Wakil Gubernur Provinsi Kepri selaku Ketua LPTQ, Bupati dan Walikota se-Kepri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua Dewan Hakim dan Ketua Panitia Pelaksana.

Dalam sambutannya, Ansar mengatakan bahwa perlombaan ini tidak hanya sebagai acara seremonial belaka, tetapi harus menjelmakan pesan penting bagi masyarakat.

“Kita dorong masyarakat untuk membaca dan mendalami Al-Quran dan menginternalisasi nilai-nilainya di dalam kehidupan dan di tengah-tengah masyarakat,” pesannya.

Ansar juga berharap para Dewan Hakim menilai kompetisi ini secara objektif dan dengan sebaik-baiknya.

“Karena penyelenggaraan MTQH X ini juga salah satu faktor yang menentukan adalah penilaian dewan hakim, agar kita bisa menghasilkan Qori dan Qoriah yang berkualitas dan nanti bisa menjadi duta-duta Provinsi Kepri di ajang MTQH Nasional yang akan diselenggarakan pada bulan September,” kata Ansar.

Ansar berterima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, pimpinan Muhammad Rudi yang menjadi tuan rumah, para bupati dan walikota, dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri Marlin Agustina sebagai Ketua LPTQ Kepri.

Kegiatan ini adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) X Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2024 yang akan berlangsung selama 8 hari terhitung mulai tanggal 20 sampai dengan 27 Mei 2024.

Rangkaian acara dimulai dengan malam ta’aruf pada Minggu tanggal 19 Mei 2024 di Ballroom Pasific Palace Hotel, kemudian dilanjutkan dengan pawai ta’aruf, pelantikan dewan hakim, pembukaan bazar, dan malam pembukaan pada Senin, 20 Mei 2024.

Selanjutnya, pelaksanaan MTQH dimulai dari Selasa tanggal 21 Mei 2024 hingga Ahad tanggal 26 Mei 2024.

Kegiatan ini ditutup dengan sidang pleno dewan hakim dan penutupan secara resmi pada Senin tanggal 27 Mei 2024.

MTQH X Tingkat Provinsi Kepri tahun 2024 akan melombakan sebelas cabang musabaqah, seperti Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Qira’at Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Fahmil Al-Qur’an, Syarhil Al-Qur’an, Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ), eksibisi, Musabaqah Al-Hadits, dan Rebana.

Adapun venue pelaksanaannya selain di Astaka Utama adalah di Masjid Tanjak Batam, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, SMPN 31 Batam, Politeknik Batam, One Mall Batam, Mega Mall Batam, dan Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Ca