Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Menuju Kawasan Pesisir Bersih: Pemasangan Jaring Penahan Sampah di Tanjungpinang

30
×

Menuju Kawasan Pesisir Bersih: Pemasangan Jaring Penahan Sampah di Tanjungpinang

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Pemasangan jaring penahan sampah di kawasan pesisir Tanjungpinang, merupakan salah satu kegiatan yang mendukung program kawasan bersih dan sehat yang dicanangkan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, pada Ahad, 12 Mei 2024.

Upaya tersebut telah dilakukan di kawasan pemukiman Pelantar Sulawesi, Potong Lembu, pada saat yang sama dengan kegiatan mengangkut sampah yang tertinggal di pesisir dan di kolong-kolong rumah warga oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan dukungan masyarakat.

Hasan mengungkapkan bahwa pemasangan jaring penahan sampah akan dilakukan bertahap ke seluruh kawasan pesisir Tanjungpinang.

Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan pengangkutan sampah oleh tim yang telah dibentuk. Hasan menegaskan, meskipun pemasangan jaring penahan sampah bukanlah solusi pasti untuk kawasan pesisir bersih dari sampah, namun hal tersebut akan memudahkan pengangkutan sampah ke lokasi yang sudah ditentukan.

“Program kawasan bersih dan sehat kita akan lebih efektif jika masyarakat mempunyai perilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah ke laut,” kata Hasan seusai kegiatan di Pelantar Sulawesi.

Dia menyadari bahwa tidak semua sampah di kawasan pesisir berasal dari sampah rumah tangga, namun juga akibat dari sampah yang terbawa arus pasang hingga sampai ke permukiman.

Dengan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), volume sampah di kawasan pesisir dapat dikurangi.

“Pemasangan jaring penahan sampah ini akan diteruskan ke seluruh kawasan pesisir. Selain itu, kita juga akan mencari solusi untuk pembuatan tempat pembuangan sementara di kawasan pesisir,” tambah Hasan.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang