Menkes RI Minta Masyarakat Mewaspadai Virus Unta

Malaka – Mentri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek meminta seluruh komponem masyarakat agar mewaspadai virus unta dan beberapa penyakit asing yang belum masuk ke Indonesia.

Salah satu cara untuk mengantisipasi berbagai penyakit asing itu yakni dengan cara membangun pola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

Permintaan itu disampaikan Menkes Nila saat membuka acara Belkaga yang dipusatkan di Kabupaten Malaka, Kamis (4/10-2019).

Mentri mengatakan sejak dini masyarakat harus mewaspadai beberapa penyakit asing yang sangat berbahaya dengan cara membangun pola hidup sehat dalam keluargam

“Kita harus juga mewaspadai virus unta karena kalau menyerang sangat berbahaya”.

” Hari ini kita canangkan untuk minum obat yang kelima kalinya. Saya mengikuti dari yang pertama dan hari ini terakhir saya minum di Malaka”.

“Secara nasional eliminasi kaki gajah sudah kali kelima kita minum obat. Salah satu cara untuk mengeliminir harus menggunakan kelambu saat tidur sekaligus untuk mengeliminir Malaria”.

“Malaria saat ini masih ada di Indonesia Timur sedangkan di Indonesia Barat dan Tengah sudah mulai hilang”.

Saat berbicara Malaria kita kawatir kalau didaerah yang sudah hilang tetapi terjadi urban migrasi misalnya orang indonesia Timur yang positif datang ke Jakarta bawa penyakit Malaria sehingga menimbulkan kehehohan baru”.

” Mungkin pekerjaan ini perlu diserahkan ke daerah supaya keluar daerah harus dilakukan pengecekan agar bebas Malaria”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *