Menkes Apresiasi Bupati Malaka Bangun Taman Kesehatan – Pempus Siap Dukung RSUPP Betun – Malaka

Malaka – Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek memberikan apresiasi kepada Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran yang akan membangun taman kesehatan di Kabupaten Malaka.

Hal itu disampaikan Menkes Nila kepada wartawan di Betun – Kabupaten Malaka, Jumat (4/10-2019).

” Saya sangat apresiasi kepada Bupati Malaka yang bisa membuat taman kesehatan. Ini bagus sekali untuk mengingatkan kita bahwa kesehatan itu di hulu. Pendidikan itu bisa dilakukan kalau kita sehat” .

“Kesehatan yang harus diperhatikan dengan merubah perilaku dan gaya hidup masyarakat kita untuk makan sagu, ikan, kelor supaya sehat”.

“Kalau musim hujan akses air bersih harus diperhatikan termasuk sanitasi lingkungan dengan tidak BAB disembarang tempat”.

” Saya setuju dengan RSPP Betun supaya diperhatikan agar masyarakat kita tidak berobat di negara tetangga. Pak Anum dan Pak Bambang setelah tanggal 20 kabinet diganti tetapi mereka bisa tindak lanjuti niat yang baik ini sesuai permintaan Bupati Malaka”

“Kira harus perkuat perbatasan supaya warga kita tidak berobat di luar negeri. Bukan hanya sarana tetapi SDM di Kabupaten Malaka juga harus diperhatikan. Melalui staf ahli Pak Slamet kita bisa kirimkan tenaga kesehatan intensif yang lagi sekolah untuk magang di Malaka baik di rumah sakit dan puskesmas”.

” Kita juga bisa kirim Nusantara Sehat untuk membantu masyarakat di Malaka mulai dari dokter hingga analis laboratorium. NS bisa dikirimkan untuk mengubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat”

” Kita juga bisa kirim dokter ahli bila masih ada kekurangan. Ada lima dokter spesialis yang kita siapkan yakni kebidanan, anak, anastesi dan bedah serta penyakit dalam. Kita masih proses untuk radiologi dan patalogi anatomi”.

” NTT ini luar biasa dan saya titipkan kepada Pak Sekda Prov NTT untuk bisa bangun SDMnya kedepan agar berkualitas”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *