Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Menjawab Tantangan Jokowi, Pemkot Tanjungpinang Siap Hijau, Cerdas dan Bersahabat

47
×

Menjawab Tantangan Jokowi, Pemkot Tanjungpinang Siap Hijau, Cerdas dan Bersahabat

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang siap menjalankan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang disampaikan dalam rapat kerja nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XVII tahun 2024.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan bahwa setiap daerah di Indonesia harus memiliki rencana kota yang detil agar nyaman dihuni oleh masyarakatnya dan membuat pengunjung senang serta ingin kembali berkunjung.

“Masyarakatnya juga mencintai daerahnya karena pemerintah memberi pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Selain itu, rencana kota mengenai transportasi massal dan transportasi umum juga harus disiapkan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini ada paradigma bahwa kota yang baik adalah kota yang ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, anak, dan perempuan.

“Kota juga harus ramah terhadap lingkungan. Kota haruslah hijau, cerdas, dan bersahabat. Oleh sebab itu, kehijauan akan menjadi perhatian semua kota, memiliki hutan kota, alun-alun, dan taman yang luas,” lanjut Jokowi.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal Siregar, menyatakan akan menindaklanjuti arahan Jokowi.

Tanjungpinang, sebagai ibu kota provinsi, saat ini sedang melakukan penataan bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dan Pusat.

“Terkait hal-hal yang diharapkan presiden, mudah-mudahan dapat di terapkan di Kota Tanjungpinang, agar Kota Tanjungpinang semakin nyaman dan asri,” ungkap Andri.

Andri menambahkan, Pemkot Tanjungpinang juga siap menjalankan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk melaksanakan tugas dan fungsi, di mana kepala daerah harus memastikan kelancaran operasional dalam setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Bersama dengan jajaran Pemkot Tanjungpinang, Andri akan berupaya maksimal untuk menjalankan arahan tersebut serta menggenjot pertumbuhan ekonomi daerah, melaksanakan pengendalian inflasi, dan mempermudah iklim investasi.

Editor: Budi Adriansyah