Mengukir Sejarah, Mako Polres Malaka Mulai Dibangun

Masyarakat Kabupaten Malaka – Provinsi NTT di masa Pandemi Covid 19 dan Bencana Banjir Malaka masih bisa tersenyum karena mendapatkan perhatian dari Kapolri dan Kapolda NTT untul pembangunan sebuah Mako Polres guna memperlancar pelayanan kepada masyarakat di Perbatasan RI-RDTL.

Diusianya yang tergolong masih belia dan belum genap dua tahun terbentuk sejak tanggal 18 Desember 2019 lalu namun saat ini sudah dibangun Mako Polres Permanen yang ditandai peletakan batu pertama.

Walaupun usianya masih muda, namun menjadi prioritas sebagai Polres pertama dari 4 polres lainnya dalam hal pembangunan Markas Komando (Mako) baru. Mako Polres Malaka dibangun di atas lahan seluas 4,3 hektare (Ha) dengan masa waktu selama 210 hari atau 7 bulan.

Kapolres Malaka, AKBP Albert Neno, S.H mengatakan hal itu disela acara peletakan batu pertama Mako Polres Malaka di Betun – Ibu Kota Kabupaten Malaka, Rabu (28/4/2021)

Dikatakannya, sebagai warga Kabupaten Malaka perlu menyampaikan rasa syukur karena berkat pergumulan bersama, kini sudah tercapai harapan akan hadirnya Mako Polres di Kabupaten Malaka.

Dikatakannya, sebagai Kapolres perdana di lingkup Polres Malaka tentu harus memperhatikan semua bidang termasuk pembangunan Mako Polres Malaka

” Kami syukuri bahwa di awal tahun 2021 mendapat jawaban dari Polri dan Polda NTT Markas Komando Polres Malaka resmi dibangun”

“Ini pergumulan bersama pimpinan, perwira dan anggota keluarga sehingga hari ini  kita ukir sejarah.  Mustinya 5 polres dibangun tapi karena dihadapkan dengan pandemi covid-19 maka 4 polres lain belum ada kesempatan dan hanya Polres Malaka yang dibangun,” katanya

.

Dijelaskan Albert, pembangunan Mako Polres Malaka di atas lahan seluas 4,3 hektare dimana tanah ini  diserahkan keluarga Dominggus Tey Seran. Sumber dana dari APBN murni dengan Kontraktor Pelaksana PT Mojo Wijaya Karya. Waktu pekerjaan selama  210 hari kelender atau 7 bulan sehingga diperkirakan pada  November 2021 pembangunan tuntas.

“Kami sampaikan terima kasih kepada tuan tanah, tokoh agama juga pemerintah daerah atas  dukungan  sehingga seluruh pekerjaan selesai tepat waktu. Dengan adanya Mako maka pelayanan kemasyarakatan akan berjalan dengan baik,”

Dirinya berharap dengan hadirnya Mako Polres yang baru, pelayanan semakin lebih baik. Kepada anggota termasuk Kapolres-Kapolres mendatang, diharapkan bekerja profesional dan hindari adanya penyimpangan-penyimpangan.

Asisten III Sekda Malaka, Yosep Parera atas nama Pemkab Malaka mendukung penuh pembangunan Mako polres ini. Keberadaan Mako ini tentu dapat  memperlancar komunikasi dalam pelayanan pemerintahan dan kamtibmas.

“Saya salut dengan Pak Kapolres dan jajaran yang telah berjuang sekuat tenaga sehingga walaupun belum genap 2 tahun pembentukan Polres tapi kini sudah membangun Mako Polres yang baru,” kata Yosep.

Dirinya berjanji sejarah pembangunan Mako Polres Malaka yang ditandai dengan peletakan batu pertama ini akan disampaikan ke Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

“Kabupaten Malaka terbentuk sejak 2013 tapi sampai sekarang belum punya Kantor Bupati. Memang desain sudah ada tapi hambatan dan tantangan dalam hal pendanaan sehingga belum dibangun. Atas nama pemda saya ucapkan Profisiat buat kapolres dan jajaran,” pungkas Yoseph ( ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *