Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Memperkenalkan Program Strategis Kepri: Inovasi dan Solusi Untuk Masyarakat

122
×

Memperkenalkan Program Strategis Kepri: Inovasi dan Solusi Untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Batam – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat Kota Batam di Perumahan Frensiana Garden, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota pada Ahad, 23 Juni 2024.

Dalam acara ini, masyarakat turut memenuhi fasilitas umum balai pertemuan Perumahan Frensiana Garden serta memberikan sambutan yang hangat kepada Ansar.

Seperti kebiasaannya, Ansar juga menyampaikan serangkaian program yang strategis di berbagai bidang, yang telah dan akan dilakukan.

Dalam bidang kesehatan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri telah membangun Rumah Singgah di Batam dan Jakarta, yang dapat digunakan oleh masyarakat secara gratis ketika sedang berobat.

Selain itu, juga terdapat pembangunan Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) di Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, fasilitas pemasangan ring jantung dan bedah jantung di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) di Kota Tanjungpinang. Kedua jenis layanan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pada bidang pendidikan, Pemprov Kepri akan memberikan bantuan seragam sekolah dan SPP gratis bagi siswa-siswi yang bersekolah di sekolah naungan Pemprov Kepri, mulai tahun ajaran baru 2024/2025. Dalam hal ini, bantuan tersebut diberikan pada jenjang pendidikan SMA dan SMK.

Selain itu, Pemprov Kepri juga memberikan bantuan beasiswa kepada anak-anak Kepri yang sedang berkuliah baik D3 dan S1 serta bantuan beasiswa untuk para guru.

Pada bidang ekonomi, program strategis yang dicanangkan adalah memberikan bantuan pinjaman dengan bunga 0% bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang merupakan hasil kerjasama antara Pemprov Kepri dan Bank Riau-Kepri Syariah. Program bantuan pinjaman ini telah berjalan sejak tahun 2021 dan akan terus dijalankan.

Selain tiga program di atas, Pemprov Kepri juga menjalankan beberapa program seperti pengadaan pasokan listrik untuk masyarakat di pulau terluar, memberikan bantuan BPJS Ketenagakerjaan untuk 46.000 masyarakat nelayan, pembangunan pelabuhan kapal ro-ro dan penambahan kapal ro-ro Nusantara 1 dan Nusantara 3.

Serta dilakukan pembangunan Jembatan Batam-Bintan yang nantinya akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia. Saat ini, progres pembangunan telah memasuki tahap pengecekan survei kedalaman laut dan kondisi tanah.

“Semua program pembangunan yang kami lakukan ini, diperuntukan bagi semua kalangan masyarakat Kepri. Dengan harapan, agar semua itu bisa dirasakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Kepulauan Riau tercinta,” tutup Ansar.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Fik