Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Megahnya Perayaan Tahun Baru Imlek di Tanjungpinang: Atraksi, Hiburan, dan Pesan Damai dari Gubernur Kepri…

41
×

Megahnya Perayaan Tahun Baru Imlek di Tanjungpinang: Atraksi, Hiburan, dan Pesan Damai dari Gubernur Kepri…

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, menghadiri perayaan Tahun Baru Imlek 2024 atau 2575 Kongzili bersama masyarakat Tanjungpinang di Kawasan Kota Lama, Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, pada Jumat malam, 9 Februari 2024. Perayaan kali ini disajikan dengan berbagai atraksi dan hiburan yang meriah.

Salah satu atraksi yang menarik perhatian adalah atraksi barongsai yang memperlihatkan kepiawaian dan kekompakan para pemainnya. Atraksi ini merupakan simbol keberuntungan dan kekuatan dalam budaya Tionghoa.

Selain itu, ada juga hiburan artis lokal dan nasional yang menyanyikan lagu-lagu populer dengan nuansa Imlek.

Tak ketinggalan, hiburan pesta kembang api yang mewarnai langit Kota Tanjungpinang, menjadi daya tarik tersendiri.

Ribuan masyarakat dari berbagai suku dan etnis antusias menyaksikan perayaan Imlek yang berlangsung hingga larut malam.

Dalam sambutannya, Ansar mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh masyarakat Tionghoa di Kepri, khususnya di Tanjungpinang. Ansar mengapresiasi keragaman dan toleransi yang terjalin dengan baik di daerah ini.

“Kita semua bersaudara, kita semua satu Indonesia. Kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang ada. Kita harus menjaga kerukunan dan kedamaian di tengah-tengah kita,” ujar Ansar.

Ansar juga berharap situasi kondusif tetap terjaga di Provinsi Kepri menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak pada tanggal 14 Februari 2024.

Ansar mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak dan tetap menjunjung rasa persaudaraan.

“Marilah kita berpartisipasi dalam Pemilu dengan damai dan demokratis. Jangan sampai ada gesekan atau konflik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan kita,” imbuh Ansar.

Sementara itu, Ketua Harian Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Tanjungpinang-Bintan, Hartojo, dalam sambutannya menjelaskan aktivitas menjelang malam puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2024.

Untuk merayakan Imlek kali ini, pihaknya dari PSMTI melaksanakan pasar lama atau bazar Imlek di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang selama satu bulan.

Menurut Hartojo, dalam kegiatan bazar Imlek yang digelar, antusias masyarakat sangat luar biasa setiap harinya, sehingga menjadikan hidup kurang lebih 300 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berjualan di Jalan Merdeka selama satu bulan tanpa henti.

“Semoga tahun depan Pak Gubernur dan Pj. Wali Kota Tanjungpinang bisa membantu kita, supaya program bazar Imlek bisa kita laksanakan lagi di tahun depan,” harap Hartojo.

Kapolda Kepri Irjen. Pol. Yan Fitri Halimansyah juga memberikan ucapan selamat tahun baru Imlek ke 2575 di tahun 2024 dan mengajak masyarakat untuk saling menyatu dalam keberagaman serta menjaga toleransi antar umat beragama di Provinsi Kepri guna mewujudkan Indonesia emas.

“Dengan keberagaman dan menjaga toleransi itu, terciptalah kondusifitas di Provinsi Kepri,” jelas Yan.

Turut hadir dalam acara tersebut Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang Hasan, Anggota DPRD Provinsi Kepri Rudi Chua dan Bobby Jayanto, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kepri lainnya.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Jlu