Masyarakat Desa Sikun Sebut Pengolahan Tanah Rakyat Oleh Pemerintah Sangat Membantu Petani

Pengolahan tanah rakyat yang difasilitasi pemerinfah melalui program pacul tanah gratis yang dulakukan pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Dana Desa Sangat membantu petani.

Sejak program Pacul tanah gratis itu dicanangkan pemerintah rakyat desa Sikun selalu berkelimpahan makanan setiap tahun bahkan setiap petani menjual hasil panenannya untuk memenuhi kebutuhan kekuarga.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Sikun, Yeremias Nahak kepada Wartawan di Sikun – Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka, Rabu (12/8-2020).

Dikatakannya, sejak program Pacul tanah gratis dicanangkan pemerintah desa Sikun benar-benar memanfaatkan peluang itu untuk mengolah tanah rakyat terutama lahan-lahan milik rakyat yang selama ini tidak diolah karena ketidakmampuan warga.

” Kita tangkap peluang itu. Setiap tahun kita selalu mengusulkan agar rakyat disini tanahnya diolah agar ditanami. Tahun lalu kita pacul tanah rakyat seluas 60 ha dan semua lahan itu ditanam dan menghasilkan”

” Tahun ini kita rencanakan untuk olah tanah rakyat seluas 15 ha untuk mengakomodir lahan rakyat yang belum dipacul”

” Dengan program pacul tanah gratis oleh pemerintah itu hampir seluruh KK di desa Sikun memiliki kebun dan setiap tahun selalu melakukan penanaman”

” Hasil dari pengolahan tanah oleh pemerintah itu dalam beberapa tahun terakhir sudah dinikmati rakyat”

” Dulu, warga ke Pasar untuk beli jagung tetapi kondisi sekarang
kendaraan berdiri di setiap rumah untuk beli jagung dan setiap KK bisa jual jagung hingga 1 ton”

” Kondisi terkini, jagung hasil panenan MT 1 masih ada dan saat ini petani sudah mulai panen lagi jagung MT2. Bahkan saat ini sudah ada warga yang mulai tanam jagung MT3 (batar ahuklean) yang menjadi andalan warga desa Sikun setiap tahun”

” Dalam MT3 biasanya warga tanam jagung hibrida dan hasilnya pasti panen karena tidak tergantung musim hujan. Sesuai pengalaman warga disini penanaman Jagung MT3 hasilnya sangat melimpah dan tidak kalah dengan penanaman Jagung MT1″ (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *