Masyarakat Desa Oanmane – Malaka Apresiasi Pemerintah Responsif Tangani Genangan Air Hujan di Pemukiman Warga

Sebanyak 160 KK Warga desa Oanmane – Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Malaka yang dinilai sangat responsif membantu warga desa mengatasi genangan air hujan dengan membuka deker untuk mengalirkan air keluar dari pemukiman penduduk.

Warga tetap memberikan dukungan supaya pemerintah melakukan penataan agar konsentrasi air di pemukiman penduduk akibat hujan yang berkepanjangan dalam beberapa hari terakhir bisa normal dan tuntas.

Kepala Desa Oanmane – Kecamatan Malaka Barat, Lukas Leky mengatakan hal itu kepada wartawan di Sukabilulik – Desa Oanmane – Kecamatan Malaka Barat- Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Senin (25/5-2020).

Kades Lukas mengatakan warga desa Oanmane sangat senang karena Pemkab Malaka melalui Dinas PUPR sangat responsif mencarikan solusi kepada warga terkait genangan air hujan yang terkonsentrasi di pemukiman penduduk dalam beberapa hari terakhir ini.

” Tadi pagi pukul 10.30 Wita Dinas PUPR Kabupaten Malaka menurunkan alat berat berupa Exavator di lokasi dan membuka deker yang melintasi jalan utama yang dibangun pemerintah sebagai sarana untuk mengalirkan air keluar dari pemukiman warga”

” Alat berat sampai saat ini masih berada di lokasi untuk melihat perkembangan di lapangan. Kalau air di perkampungan bisa diatasi dengan pembangunan satu buah deker maka tidak ada penambahan pembukaan deker baru lagi. Bila konsentrasi air masih ada maka dinas PUPR akan menambah lagi satu buah deker untuk saluran pembuangan air”

” Kondisi saat ini genangan air di perkampungan sudah mulai menurun karena dibuang melalui deker yang dibuka pemerintah tadi”

” Kita terus pantau agar air yang tergenang bisa keluar semua . Bila masih ada genangan air yang terkonsentrasi di titik lainnya maka kita usulkan penambahan lagi satu buah deker”

” Dari pantauan kami akibat curah hujan yang berkepanjangan dalam beberapa hari terakhir maka ada konsentrasi dan genangan air . Masyarakat yang terdampak luapan air hujan itu sebanyak 160 KK yang menyebar pada empat dusun di desa Oanmane”

” Setelah saluran dibuka air terus mengalir keluar dari pemukiman penduduk dan berangsur mengering”

Beberapa warga yang ditemui wartawan mengaku rumah mereka terendam genangan air hujan dalam beberapa hari terakhir.

Viktoria Seuk, warga desa Oanmane kepada wartawan mengatakan sudah lima hari terakhir rumahnya digenangi air hujan.

” Sudah lima hari ini air hujan masuk didalam rumah setinggi lutut. Kami berterima kasih kepada Bapak Bupati karena setelah Pemerintah buka deker tadi siang genangan air didalam rumah bisa mengering”

Yakobus Teti, Warga dusun Manuoan -.Desa Oanmane kepada wartawan mengatakan sangat senang karena pemerintah segera merespon melakukan penanganan guna mengalirkan air hujan keluar dari perkampungan.

“.Tadi saat saluran dibuka dinas PUPR air langsung mengalir keluar perkampungan dan kita berharap konsentrasi air hujan di perkampungan segera surut”

” Di dusun Manuoan ini sejak dulu seperti danau dan terdapat genangan air . Kalau saat ini pemerintah buka deker maka kami optimis dusun ini akan bebas dari genangan air hujan” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *