Menu

Mode Gelap

Headline · 7 Mei 2022 00:09 WITA

LPA NTT : Oknum Kanit Pidum Polres Malaka Yang Tidak Disiplin Harus Ditindak Tegas


					LPA NTT : Oknum Kanit Pidum Polres Malaka Yang Tidak Disiplin Harus Ditindak Tegas Perbesar

Kupang – Oknum Kanit Pidum Polres Malaka yang diduga tidak disiplin dalam menjalankan tugas seperti yang dilaporkan keluarga korban kekerasan sexual di Propam Polres Malaka supaya ditindak tegas bila terbukti melanggar disiplin selama bertugas.

Peristiwa kekerasan psikis yang diduga kuat dilakukan oleh Kanit Pidum Satreskrim Polres Malaka terhadap anak korban kekerasan sexual patut disesali. Mestinya seorang penyidik apalagi Kepala unit Pidana Umum, harusnya lebih responsif dan ramah terhadap anak, bukan sebaliknya. Tindakan ini merupakan kekerasan psikis dan tidak mencerminkan sebagai seorang pimpinan dan pengayom masyarakat, pengayom Anak di Negeri ini. Bagaimana kita bisa mengharapkan penegakan hukum dan upaya perlindungan terhadap korban, jika itu dilakukan oleh aparat penegak hukum?

Hal itu disampaikan Ketua LPA NTT, Veronika Ata, SH, M.Hum kepada wartawan, Jumat (6/5-2022)

Dikatakannya, kewenangan pemeriksaan Anak yang berhadapan dengan Hukum seharusnya ada pada Unit PPA (Perlindungan Perempaun dan Anak). Sekalipun dia merupakan seorang pimpinan, tidak berwenang untuk memeriksa kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan.

” Kita dari LPA NTT menghimbau agar ketika menangai Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) harus lebih peka terutama posisi sebagai korban, tentu masih trauma dengan kasus yang terjadi. Sangat dibutuhkan lingkungan yang ramah anak, serta Aparat Penegak Hukum yang ramah dan responsif anak. Hal ini sesuai amanat UU no. 35/ 2014 tentang Perlindungan Anak”, ujarnya.

” Kami sangat berharap dan memohon dengan hormat kepada Bapak Kapolres Malaka agar bisa menindak dan mendisiplinkan anggotanya. Bukan menambah keresahan masyarakat dan membuat kekerasan berulang kepada korban.
Semoga kita semua lebih peduli dan ramah terhadap anak serta berupaya memberi perlindungan kepada korban terutama bagi anak. Mari kita menciptakan rasa keadilan dan perdamaian bagi masyakat”, himbaunya.

Wakapolres Malaka, Kompol Ketut Saba dalam pertemuan bersama keluarga korban dan wartawan di Mapolres Malaka belum lama ini mengatakan pihaknya siap untuk menertibkan anggotanya yang tidak disiplin sesuai aturan yang berlaku. ( boni)

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 292 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Merajut Kebersamaan dan Solidarotas Kaum Muda Katolik Paroki Ngagel -Surabaya Patut Jadi Model

17 Mei 2022 - 00:09 WITA

Gegara Pecat Sejumlah PAC, Simpatisan Jeriko Pastikan Demo Lagi Di Muscab Demokrat

16 Mei 2022 - 22:37 WITA

Komisi I DPRD Kabupaten Malaka Desak Pemerintah Tindak Lanjuti Rekomendasi KASN Terkait Pelantikan Pejabat Eselon

16 Mei 2022 - 14:09 WITA

Hasil Cabor Panahan Sea Games Vietnam: Meski Pemanah Compund Perorangan Tumbang, Peluang Masih Tersisa Men dan Mixed Team.

16 Mei 2022 - 13:51 WITA

8 Ketua DPAC Demokrat Malaka Diganti Muka Baru Bukan Anggota Partai, Ada Apa?

16 Mei 2022 - 07:18 WITA

Kemelut Partai Demokrat di Kabupaten Malaka Harus Diselesaikan Secara Bijak

15 Mei 2022 - 23:45 WITA

Trending di Headline