Kunjungan di Malaka – Pasi Wanwil Korem 161/Wira Sakti Kupang Puji Peradaban Orang Malaka

Komandan Korem (Danrem) 161/ Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Syaiful Rahman melalui Pasi Wanwil Korem 161/ Wira sakti Kupang, Mayor Inf. Pieter memberikan pujian kepada Pemerintah dan rakyat Kabupaten Malaka yang sudah membangun peradaban dengan tetap melestarikan budaya dalam kehidupan bermasyarakat.

Pasi Wanwil, Pieter dalam kesepatan yang sama mengatakan
merasa tersanjung dan merasa terhormat datang ke Kabupaten Malaka khususnya di Kecamatan Wewiku dimana para tamu disambut secara adat dengan Hase Hawaka dan pengalungan selendang khas kain tenunan Malaka.

Hal itu disampaikan Komandan Korem (Danrem) 161/ Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Syaiful Rahman melalui Pasi Wanwil Korem 161/ Wira sakti Kupang, Mayor Inf. Pieter dalam kunjungan tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Rencana Persiapan  Pembangunan Koramil 1605-10 Wewiku , Kodim 1605/Belu di desa Seserai – Kecamatan Wewiku – Kabupaten Malaka- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (16/6-2020).

Dikatakannya, kehadiran tim di Kabupaten Malaka khususnya di Kecamatan Wewiku mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat secara adat merupakan satu bukti bahwa rakyat Malaka khususnya di Wewiku sangat mendukung rencana pembangunan Koramil ditempat ini.

Dikatakannya, kehadiran tim di Wewiku mewakili Bapak Danrem
untuk memastikan dukungan tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemerintah ,di desa tempat cikal bakal pembangunan Koramil 1605-10 Wewiku

” Kami senang sekali karena diterima dengan tangan terbuka oleh seluruh komponen masyarakat disini untuk pembangunan Koramil ditempat ini”

” Kami merasa tersanjung dan terhormat sekali datang ke sini, disambut secara adat khas Malaka”
” Pada saat disambut saya berpikir bahwa ini adalah ungkapan ketulusan masyarakat Wewiku. Kalau masyarakat sudah menyambut secara adat terlintas di benak saya bahwa diantara kita ada keterikatan yang tidak terpisahkan lagi. Kalau adat sudah berbicara kita tidak bisa lagi omong apa apa. Yang penting adat berbicara untuk kebaikan semuanya”

” Kehadiran kami disini ingin memastikan selanjutnya melaporkan hasil kunjungan ini kepada institusi tertinggi Angkatan Darat yaitu Kodam IX Udayana, Korem 161 Wira Sakti  bahwa masyarakat yang ada di Kecamatan Wewiku sangat mendukung keberadaan Koramil 1605-10 Wewiku”

Dalam kesempatan yang sama
Pasiter Kodim1605/Belu, Kapten Inf. I Nyoman Suastika menambahkan sesungguhnya tim Kodam IX Udayana Bali hadir juga dalam kunjungan ini namum karena Pandemi Covid-19 tidak bisa hadir karena kendala teknis dan relgulasi yang ketat.

Camat Wewiku, Manfred Yohanes Laak dalam laporanya menjelaskan wilayah kecamatan Wewiku, salah satu dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malaka,
dengan luas wilayah 97,09 kilo meter persegi,  dengan batas wilayahnya  bagian Utara berbatasan dengan Kecamatan Weliman , bagian Selatan berbatasan dengan Laut Timor, Bagian Timur berbatasan dengan Kecamatan Malaka Barat, bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) .

“Kecamatan Wewiku terdiri dari 12 desa, 78 dusun, 94 Rukun Warga (RW) dan 195 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah penduduk 18.982 orang”

“Mata pencaharian masyarakat Wewiku 80 persen adalah petani selebihnya ada nelayan, pedagang dan  Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pengusaha”

“Kami laporkan juga bahwa beberapa waktu lalu kami sudah ada pertemuan bersama yang mewakili Bapak  Dandim 1605/ Belu bersama Pak Kasdim membahas rencana pembangunan Koramil 1605-10 Wewiku yang saat ini masih Pos Ramil dibawah Koramil 1605-09 Biudukfoho”

” Pada kesempatan ini kami mohon tindak lanjutnya seperti apa, kepada yang mewakili Bapak Danrem yaitu Bapak Pasi Wanwil Korem 161 Wira sakti, Mayor inf.Pieter, agar disampaikan kepada masyarakat Desa Seserai dan umumnya masyarak Kecamatan Wewiku karena masyarakat mendukung penuh pembangunan Koramil 1605-10 Wewiku ini”

Tim yang berkunjung ke Wewiku terdiri dari Perwira Seksi (Pasi) Perlawanan wilayah (Wanwil) Korem 161 Wira sakti, Mayor inf.Pieter,  Kepala Staf komando Distrik Militer (Kasdim) 1605/Belu, Mayor Inf. Ery Nathan Melek Saris Ninu,
Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim1605/Belu Kapten inf. I Nyoman Suastika, Danramil 1605-09/Biudukfoho, Lettu Inf.leo Soares. (boni/ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *