Kominfo Gelar Sosialisasi Genbest Untuk Penurunan Stunting – Ada 10 Desa di Malaka Jadi Prioritas Stunting

Malaka – Kementrian Kominfo RI menggelar kegiatan Sosialisasi Penurunan Stanting bagi warga Kabupaten Malaka di Betun, Rabu (14/8-2019)

Kegiatan sosialisasi Genbest ini dibuka Asisten I Setda Malaka, Zakarias Nahak melibatkan pelajar SMA di Malaka, kepala desa dan perguruan tinggi.

Dalam siaran pers yang diterima wartawan mengatakan ada 10 desa prioritas stunting di Kabupaten Malaka yakni, Desa Alas, Rabasa, Tafuli, Weoe, Muke, Dirma, Lamea, Forekmodok, Biris dan Desa Seserai.

Dikatakannya, Pemerintah RI serius menaruh perhatian akan permasalahan stunting dengan beragam kebijakan intervensi penanggulangan stunting agar persentase stunting bisa menurun. Pemerintah melakukan intervensi dalam dua skema,

Pertama; intervensi spesifik atau gizi dengan melakukan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan anak, suplementasi gizi, pemberian tablet tambah darah serta konsultasi.

Kedua; intervensi sensitif atau non gizi seperti penyedian sanitasi dan air bersih, lumbung pangan, alokasi dana desa, edukasi serta sosialisasi.

Kominfo mengajak seluruh masyarakat untuk dapat melakukan 3P, Peduli, Pahami dan Partisipasi dalam membantu pengurangan stunting.

Peduli artinya, masyarakat peduli dengan sekitar, terutama kondisi kesehatan keluarga. Pahami sebanyak mungkin informasi terkait stunting dan Partisipasi, dimaksud sama-sama berperan aktif menyukseskan gerakan sadar stunting dalam rangka kontribusi pada pembangunan manusia Indonesia.

Dijelaskannya, Kabupaten Malaka terpilih menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan sosialisasi Genbest karena Kabupaten Malaka merupakan satu dari 60 kabupaten/kota prioritas stunting di tahun 2019. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *