Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Kesan dan Harapan Atlet SEA Games Ke-31 Vietnam

42
×

Kesan dan Harapan Atlet SEA Games Ke-31 Vietnam

Sebarkan artikel ini

 

JAKARTA: Bertempat di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 13 Juni 2022, Presiden Joko Widodo menerima para atlet SEA Games ke-31 Vietnam, sekaligus memberikan bonus dan apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-31 Vietnam. Pada kesempatan tersebut, Presiden juga menyerahkan bonus dan apresiasi kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih yang telah mengharumkan nama Indonesia.

“Para atlet yang kita berikan kurang lebih Rp130,5 miliar, kemudian untuk pelatih dan asisten pelatih Rp32 miliar, sebuah angka yang juga tidak sedikit,” tambahnya.

Adapun bonus dan apresiasi secara simbolis diberikan Presiden kepada para perwakilan atlet peraih medali dari 9 cabang olahraga yaitu:
Ihram, peraih medali emas tunggal cabang olahraga dayung mendapatkan bonus sebesar Rp500 juta;
Riau Ega, peraih medali emas ganda cabang olahraga panahan mendapatkan bonus sebesar Rp400 juta;
Derrick Michael Xzavierro, peraih medali emas beregu cabang olahraga bola basket mendapatkan bonus sebesar Rp350 juta;
Ceyco Georgia Zefanya, peraih medali perak tunggal cabang olahraga karate mendapatkan bonus sebesar Rp300 juta;
Susanto Megaranto, peraih medali perak ganda cabang olahraga catur mendapatkan bonus sebesar Rp240 juta;
Dhita Juliana, peraih medali perak beregu cabang olahraga voli pantai mendapatkan bonus sebesar Rp210 juta;
Azzahra Permatahani, peraih medali perunggu tunggal cabang olahraga renang mendapatkan bonus sebesar Rp150 juta;
Raudani Fitra, peraih medali perunggu ganda cabang olahraga kano mendapatkan bonus sebesar Rp120 juta; dan
Gian Kurnadi, peraih medali perunggu beregu cabang olahraga esport mendapatkan bonus sebesar Rp105 juta.

Presiden kemudian menuturkan pentingnya membangun ekosistem olahraga dengan kerja fokus untuk memberikan hasil yang lebih baik. Menurutnya, meski jumlah atlet yang dikirimkan tidak sebanyak pada gelaran SEA Games sebelumnya, tetapi hasil yang diperoleh pada tahun ini meningkat.

Usai pemberian bonus, sejumlah perwakilan atlet menyampaikan kesannya atas apresiasi yang telah diberikan Presiden kepada kontingen Indonesia dalam ajang tersebut.

Derrick Michael Xzavierro, perwakilan dari tim basket yang meraih medali emas mengaku bangga bisa membawa nama bangsa Indonesia di SEA Games ke-31. Timnas basket Indonesia sendiri berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kalinya di ajang SEA Games setelah mengalahkan langganan juara Filipina dengan skor 85-81.

“Perasaan pasti bangga banget terus senang lah satu tim, dari staf pasti senang kita bisa mendapatkan medali emas. Pastinya kita bangga bawa nama Indonesia terus. Perasaannya senang banget,” ucap Derrick.

Selain itu, Alviyanto Bagas Prastiyadi , atlet panahan yang meraih medali emas men team recurve di ajang SEA Games kali ini menyatakan rasa bersyukur dan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan. Bagas pun berjanji akan memberikan yang terbaik di ajang ASEAN Games dan Olimpiade kelak.

“Saya bangga bisa menjadi bagian dari kontingen Indonesia di ajang multi event di Asia Tenggara. Terima kasih kepada PB PERPANI dan semua tim pendukung, untuk Pak Jokowi khususnya, yang sudah memberikan apresiasi bagi kami. Ini pengalaman pertama saya, semoga di event-event selanjutnya kami bisa memberikan yang terbaik, bagi bangsa dan negara Indonesia,” tutur pemanah asal Jawa Tengah.

Timnas panahan Indonesia sendiri berhasil mencetak sejarah dengan mendulang 5 medali emas dan 1 medali perak, untuk pertama kalinya di ajang SEA Games 5 nomor final semuanya dibabat Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari menuturkan bahwa doa dan harapan dari Kepala Negara merupakan salah satu hal yang paling bermakna dalam meningkatkan semangat juang kontingen Indonesia untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

“Ini sebetulnya yang paling bermakna buat kami semua, kalau didoain dan diharapkan sama Presiden, semangat juangnya anak-anak itu 2-3 kali lipat lebih besar, dan alhamdulillah dari kontingen yang dikirim, kita mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan doa dan harapan Presiden. Kita mendapatkan peringkat 3 di SEA Games ke-31,” tutur Raja.

Lebih lanjut, Raja berharap agar pencapaian kontingen Indonesia di ajang SEA Games ke-31 dapat memberikan inspirasi dan semangat baru di ajang-ajang olahraga ke depannya.

“Mudah-mudahan dengan hasil di SEA Games ini, ini bisa menjadi semangat baru lagi dan kita bisa meningkatkan prestasi olahraga Indonesia ke depannya,” ucapnya. ( fw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *