Kepala BP4D Malaka Ikuti Vicon Koordinasi Dokumen Perencanaan Pembangunan Tahun 2020/2021

Malaka – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Pengembangan dan Penelitian Daerah Kabupaten Malaka, Remigius Asa, SH mengikuti kegiatan Video Conference penyampaian arahan Plt. Sekjen Kemendagri kepada Pemerintahh Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia dalam rangka Koordinasi Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2020 dan 2021.

Kegiatan Vicon itu berlangsung di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malaka, Selasa (7/4).

Remigius Asa kepada wartawan usai kegiatan tersebut menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk koordinasi dari seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota, karena di tengah perjalanan ada bencana non alam yakni Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh dunia.
“Sehingga kita mesti lakukan penyesuaian dan pergeseran anggaran yang mesti disesuaikan dengan situasi saat ini terutama untuk mencegah penyebaran virus corona yang hingga saat ini terus berkembang di seluruh wilayah Indonesia,” kata Remigius.

Kepala BP4D Kabupaten Malaka ini lebih jauh mengemukakan, khusus untuk Kabupaten Malaka sesuai arahan dan petunjuk Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH untuk sementara dialokasikan anggaran sebesar 5 Miliar untuk penanganan.
“Akan tetapi angka ini bukan final tetapi akan berubah dan disesuaikan dengan siklus penyebaran virus ini yang terjadi di Malaka,” ungkapnya.

Ditanya soal pembangunan fisik yang sudah direncanakan, Remigius mengutarakan bahwa akan dilakukan refocusing anggaran dan pergeseran-pergeseran yang sifatnya segera menyusul adanya surat edaran dari Kementerian Keuangan RI.
“Khusus untuk Dana Alokasi Khusus atau DAK sesuai surat edaran dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia tidak boleh dilakukan proses selanjutnya sehingga hal ini tentunya berimbas dan berimplikasi pada perencanaan dan penyusunan RKPD Tahun 2021 yang musyawarah perencanaan pembangunannya sementara disetting untuk dilakukan,” tuturnya

Menyoal kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten, Remigius menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sementara dipersiapkan untuk dilakukan dengan cara jarak jauh.
“Untuk Musrenbang tingkat Kabupaten kita sudah persiapkan jauh-jauh hari selain admnistrasi dan dokumennya juga sarana seperti laptop dan tenaga IT, sehingga kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik di samping memenuhi aturan dan protokol kesehatan yakni menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Pada intinya kita pasti siap untuk kegiatan ini,” akunya sembari menambahkan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan PLN Betun dan penyedia jaringan sehingga tidak ada kendala dalam proses kegiatannya. (kominfo Malaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *