Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Kemenperin dan Disdagin Tanjungpinang Tingkatkan SDM IKM di Bidang Reparasi Alat Rumah Tangga dan Handphone

45
×

Kemenperin dan Disdagin Tanjungpinang Tingkatkan SDM IKM di Bidang Reparasi Alat Rumah Tangga dan Handphone

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalin kemitraan dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Tanjungpinang dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Industri Kecil Menengah (IKM) Service Alat Rumah Tangga, di Hotel Comforta, Kota Tanjungpinang, pada Selasa, 23 April 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Disdagin Kota Tanjungpinang, Riany, menyatakan apresiasi atas kota Tanjungpinang sebagai pusat pengembangan IKM di daerah terluar, terutama di Pulau Bintan.

Saat ini, Kota Tanjungpinang menjadi fokus utama dalam pengembangan IKM guna menciptakan calon wirausaha, terutama di sektor reparasi alat rumah tangga dan service handphone.

“Setelah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis ini, peserta dapat membuka usaha sendiri dan menjadi pelaku IKM yang mandiri,” kata Riany.

Manfaat dari kegiatan ini adalah memberikan dukungan khusus kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

“Di sini akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang tidak memerlukan tenaga dari luar, hanya dari lokal, terutama di bidang reparasi alat rumah tangga dan service handphone,” tambah Riany.

Ketua Panitia Pelaksana, Ciska Farida Ariani, menyampaikan kegiatan Bimtek ini diadakan melalui kerjasama antara Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian dengan Disdagin Kota Tanjungpinang.

Bimtek terbagi menjadi dua bagian, yakni untuk IKM service alat rumah tangga dan IKM Service Handphone.

Setiap bagian memiliki 24 peserta, sehingga total keseluruhan peserta mencapai 48 orang. Kegiatannya berlangsung selama empat hari, dari 23-26 April 2024.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah untuk memajukan sektor IKM di Kota Tanjungpinang dan meningkatkan kemandirian para pelaku usaha dalam bidang reparasi alat rumah tangga dan handphone,” tutur Ciska.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang