Kelompok Tani Obaki – Saenama Siap Perbaiki Embung Rusak Dengan Dana Pemeliharaan

Kelompok Tani Obaki di Desa Saenama – Kecamatan Rinhat – Kabupaten Malaka  siap memperbaiki embung yang rusak akibat hujan lebat berkepanjangan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Kerusakan Embung itu disebabkan karena luapan air hujan  yang besar menghantam bibir embung hingga longsor dan mengakibatkan pasangan di satu sisi  dinding embung  runtuh.

Kelompok sudah mengerjakan embung itu sesuai gambar dan RAB namun mengalami longsor sehingga satu sisi pasangan  dinding embung runtuh dan mengalami kerusakan dan ini murni kecelakaan ( force mayor).

Kelompok akan manfaatkan dana pemeliharaan embung 5 persen untuk melakukan perbaikan  pasangan yang roboh jika cuaca sudah bersahabat.

Ketua Kelompok Tani , Paulus Nahak Lak   menyampaikan hal itu kepada wartawan di Saenama – Kecamatan Rinhat, Sabtu (13/3-2021).

Paulus mengatakan kelompok tani sudah mengerjakan embung itu sesuai gambar dan RAB  serta menjaga kualitas pengerjaannya karena embung yang dibangun itu untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga dimusim kemarau.

” Sebagai Ketua Kelompok saya benar-benar melakukan pengawasan dilapangan saat embung dikerjakan hingga selesai  sehingga kualitasnya tidak diragukan”

” Yang kerja juga kelompok Tani dan tukang dalam desa  dibawah pengawasan tim teknis Kabupaten sehingga kualitas pekerjaan tetap dijaga”

” Kita kerja juga sesuai gambar dan RAB sehingga tidak ada kekuatiran untuk rusak. Tetapi hujan yang berkepanjangan beberapa waktu terakhir dan pasokan air dari  atas bukit menuju embung cukup besar sehingga mengakibatkan longsor dan satu sisi pasangan  tembok penahan embung runtuh kebawah akibat longsor”

Ketua BPD Saenama, Benediktus Bria secara terpisah kepada wartawan membenarkan adanya kerusakan satu sisi tembok penahan embung didepan tanggul.

” Kita sudah koordinasikan dengan  Ketua Kelompok yang mengelola pengerjaannya agar melakukan perbaikan pasangan yang rusak bila cuaca sudah memungkinkan”

” Kita juga meminta kelompok agar mengantisipasi musim barat sehingga perbaikan yang dilakukan benar-benar berkualitas”

” Embung itu sangat penting bagi warga karena bisa membantu memasok air bersih bagi warga terutama dimusim kemarau”

Dari pantauan media ini, Embung yang dikerjakan Kelompok Tani Obaki – Desa Saenama  dengan pagu anggaran Rp 152 Juta bersumber dari dana DAK yang disalurkan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Malaka. ( boni)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *