Kadis TPHP MALAKA : Tanaman Jagung RPM Pertumbuhannya Sangat Baik

Perkembangan tanaman jagung RPM hingga tanggal 24 Februari 2020, menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik. Himbauan kepada para petani agar tetap rajin merawat tanaman jagung dengan baik agar memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Pemeliharaan dilakukan dengan cara menyiangi gulma agar tidak terjadi perebutan makanan antara gulma dengan jagung, dan gulma itu dibersihkan agar tidak terjadi kompetisi dengan jagung dalam rangka memperoleh sinar matahari.

Selain itu membersihkan gulma itu penting untuk mencegah terjadi ledakan hama atau penyakit, karena gulma ini menjadi inang bagi sejumlah hama dan penyakit.

Hal itu disampaikan Kadis TPHK Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (24/2-2020) pagi ini.

Dikatakannya, dalam tahun 2020 pemerintah menargetkan penanaman jagung mencapai 22.000 ha, namun waktu tanam agak bergeser sehingga sampai dengan saat ini baru menanam 20.712 ha dan sisanya akan ditanam pada MT II dan MT III seluas 1.288 ha.

Terkait Komoditi Padi kadis Yustinus menjelaskab dari target pemerintah untuk tanam 6.600 ha untuk tahun 2020 hingga saat ini baru tertanam 1.458 ha.

Menurut kadis Yustinus hal itu disebabkan karena hujan belum normal sehingga air masih sangat kurang.

” Kita berharap hujan dan irigasi kita bisa berjalan normal sehingga penanaman bisa mencapai target”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *