Kadis TPHP Kabupaten Malaka Buka Kegiatan Bimtek Teknik Budidaya Lahan Kering Bagi Petani

Malaka – Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak membuka kegiatan bimbingan teknis teknik budidaya lahan kering bagi 50 petani di Malaka, Selasa (29/10-2019).

Kegiatan bimtek itu dihadiri 50 Petani dengan rincian 30 petani dari Kabupaten Malaka dan 20 petani dari Kabupaten Belu

Kepala Dinas Tanaman Pangan,Holtikultura dan Perekebunan (TPHP) Malaka,Yustinus Nahak mengatakan tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petani tentang mengelola lahan kering,serta mengoptimalkan pemanfaatan lahan kering dalam meningkatkan produksi pertanian dan pendapatan petani.

” Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pertanian dan ketahanan pangan Provinsi NTT melalui bidang ketahanan pangan dan penyuluhan”.

Dijelaskannya, Pertanian lahan kering merupakan jenis pertanian yang memiliki kandungan air yang rendah,sumber airnya tidak pasti dan cenderung gersang.
Hal itu disebabkan karena cuaca yang panas sehingga menimbulkan tanahnya pecah-pecah. Solusinya adalah menanam pohon buah dan pohon lainnya agar bisa memberikan efek yang positif pada tanaman lainnya. Lahan kering mempunyai potensi besar untuk pengembangan lahan pertanian.

” Tanah Malaka ini merupakan tanah lahan kering jadi masyarakat bisa manfaatkan untuk menanam jagung,bawang merah atau jenis tanaman lain yang bisa menghasilkan uang guna meningkatkan pendapatan ekonomi dalam keluarga,”Katanya.

” Manfaat dari kegiatan tersebut adalah mendorong petani untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan di kegiatan usaha taninya. Jadi,intinya memberikan pemahaman kepada petani untuk memanfaatkan potensi yang ada agar bisa meningkatkan pendapatan,”

” Kita berharap setelah bimtek ini Harapannya,para peserta bisa mengimplementasikan kepada para petani lainny dan bisa aktualisasikan ilmu yang ada kepada masyarakat,” (ed/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *