Kades Kakaniuk Pantau Posko Covid-19 di Tiga Titik

Malaka – Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk memantau tim dan relawan yang bertugas di setiap Posko Covid-19 yang ada di wilayah kedesaan itu, Senin (20/4). Pantauan tersebut untuk memastikan dan melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan dan dijalankan anggota tim dan relawan dalam memantau lalu lintas orang yang keluar masuk wilayahnya.

“Sejak minggu yang lalu, setelah posko dibentuk saya selalu memantau kegiatan di setiap Posko dan pada hari ini saya datang langsung untuk melihat kegiatan-kegiatan yang telah dijalankan di setiap posko seperti pendaftaran penerima masker bagi warga yang melintas dan tidak memaki masker dan juga daftar kehadiran relawan di setiap titik,” ujarnya ketika dikonfirmasi.

Petronela mengatakan, sesuai Protokol Kesehatan yang telah dijalankan dari pusat hingga daerah, pihaknya wajib mendata setiap pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah setempat.

“Jika ada warga yang tidak memakai masker, tim dan relawan akan membagikannya sehingga setiap pelintas dan warga diwajibkan untuk memakai masker sesuai peringatan pemerintah,” katanya lagi.

Mengenai fasilitas cuci tangan di setiap posko, kepala desa dua periode ini mengutarakan bahwa ember cuci tangan dan sabun selalu tersedia, sehingga bagi warga yang melintas kami wajibkan untuk mencuci tangan.

“Intinya apa yang diperintahkan dari atas, pasti akan kami lakukan karena semua itu demi kebaikan bagi masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19,” tutur mantan pegiat LSM ini.

Petronela juga pada kesempatan yang sama, sempat berkunjung ke rumah warga dan memberikan petunjuk memakai masker yang benar kepada warganya.

“Di setiap kesempatan ketika ada warga yang ditemui, saya selalu ingatkan untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang, tidak boleh ada kerumunan dan berkumpul dalam jumlah besar dan selalu memakai masker bila keluar rumah karena di setiap wilayah desa di Malaka pasti memberlakukan hal yang sama,” jelasnya.

Dirinya juga selalu mengingatkan bahwa setiap warga masyarakat yang datang dari luar NTT, harus melaporkan diri dan memeriksakan diri ke puskesmas untuk dipantau langsung dari pihak kesehatan dan tim dari pemerintah desa.

Sebagai informasi, wilayah Desa Kakaniuk terdapat 3 titik posko covid-19 yakni batas dengan Desa Haitimuk, batas dengan Desa Barene dan batas dengan Dusun Numbei, Desa Kateri. (bagaskoro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *