Kabupaten Malaka Peringati Hari Lahir Pancasila di Besikama -Presiden Pesan Dua Hal Penting

Malaka – Warga Kabupaten Malaka merayakan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di lapangan Paroki Besikama-Kecamatan Malaka Barat, Sabtu (1/6-2019).

Selaku Inspektur Upacara, Sekda Malaka, Donatus Bere
membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengingatkan dua pesan Presiden Joko Widodo.

Pertama, kita harus terus berusaha merefleksikan nilai-nilai fundamental Pancasila sebagai Dasar Negara. Sebagai bangsa besar kita jadikan Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional atau national pride, sebagai kebanggaan nasional kita harus terus mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus-menerus.

Kedua, melalui peringatan Hari Kelahiran Pancasila mari kita bangun kebersamaan dan harapan baik untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Pancasila sebagai bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa Pancasila harus kita jadikan panduan untuk meraih masa depan bangsa kita.

“Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua,” ujar Bere membacakan sambutan itu.

Dikatakannya, Pancasila sebagai ideologi negara telah terbukti mampu memperkokoh persamaan kita semua sebagai bangsa di tengah keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan, dan budaya di Indonesia.

“Kita bersyukur bahwa Pancasila hingga saat ini tetap mampu menjadikan bangsa Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman,” ujarnya.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa digali oleh para pendiri bangsa dan merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Kuasa bagi bangsa kita,”

“Sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, semua berkewajiban untuk terus merealisasikan nilai-nilai Pancasila di masa kini dan di masa-masa mendatang”. (ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *