Junjung Tinggi Toleransi, Umat Katolik Alas Utara -Kobalima Timur Gelar Buka Puasa Bersama TNI Pos Ailala

Malaka – Toleransi antar umat beragama harus dijunjung tinggi sebagai modal menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI di kawasan perbatasan negara RI-RDTL.

Walau kita memiliki kebhinekaan dalam segala aspek kehidupan dibidang budaya dan relegi namun hingga saat ini tetap solid karena memiliki pedoman dan tujuan yang sama.

Pemandangan yang sangat indah itu setidaknya dapat dideteksi di rumah adat yang terletak di dusun Fukafehan – desa Alas Utara – Kecamatan Kobalima Timur kabupaten Malaka – Propinsi NTT, Minggu (2/6/2019).

Anggota Pos Ailala yang beragama Muslim berjumlah 10 orang dipimpin langsung Danpos Ailala, Sertu Yudi Pramono, menghadiri undangan buka bersama dari ketua adat dusun Fukafehan Bapak Benyamin Suri (53 tahun).

Rencana buka bersama ini dikarenakan Pos Ailala telah membantu melaksanakan pengamanan dalam rangka acara agama pengantaran patung Bunda Maria dari dusun ke dusun di wilayah desa Alas Utara selama satu minggu ini, dan juga selalu hadir disaat warga masyarakat membutuhkan, sehingga untuk mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pos Ailala, masih disuasana Ramadhan masyarakat membuat acara buka bersama tersebut.

Acara buka bersama itu dihadiri pula Pastor Roni (44 Tahun ), tokoh adat dan warga masyarakat yang berjumlah kurang lebih 30 orang. Acara yang berlangsung sederhana namun sangat berarti dikarenakan semua bahan makanan dari masyarakat, yang memasak juga masyarakat tapi untuk penyembelihan ayam tetap diserahkan kepada anggota Pos yang beragama Islam. Sambil menikmati santapan masyarakat gembira karena bercengkerama dengan bapak-bapak TNI yang selalu ditengah tengah mereka. Masyarakat terus berharap hubungan yang seperti ini terus berlanjut.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol kepada wartawan memberikan apresiasi atas acara buka bersama itu.

“Kegiatan antara satgas dengan masyarakat yang berlangsung sederhana namun sangat bermakna karena ada kedekatan satgas dan masyarakat. Ini merupakan hal yang luar biasa karena melalui acara seperti ini, setiap kegiatan atau situasi yang ada kedepan nanti kita bisa saling membantu.”

“Terutama bagi masyarakat, Satgas akan selalu siap untuk ada membantu kesulitan masyarakat. Inilah wujud nyata hubungan kekeluargaan yang sangat harmonis”, tambah Dansatgas. ( GN/tim )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *