Jenasah TKI Malaysia Asal Malaka – NTT Tiba di  Malaka – Dikuburkan Terapkan Protocol Covid 19

Paulus Bria (61tahun), warga dusun Motaulun Babunuk – Desa Motaulun- Kecamatan Malaka Barat- Kabupaten Malaka – Provinsi NTT yang meninggal dunia di Malaysia , jenasahnya dikirim pulang untuk dikuburkan di kampung halaman.

Jenasah tadi malam tiba di Jakarta dan pukul 11.00 Wita siang tadi tiba di Bandara El Tari Kupang dan saat ini dalam perjalanan menuju Malaka.

Direncanakan jenasah dikuburkan hari ini juga di desa Motaulun – Malaka dengan menerapkan Protokol Covid 19.

Pihak Kepolisian, TNI dan Tenaga Medis saat ini sudah berada di rumah duka guna melakukan pemantauan dan pengawasan agar dalam proses pemakaman nanti terapkan protokol Covid 19.

PJ Kepala Desa Motaulun, Pius Kehi mengatakan hal itu kepada wartawan di Motaulun-Malaka Barat , Senin (22/6-2020) sore ini.

Dikatakannya, saat ini posisi jenasah sudah memasuki Wilayah Malaka dan sebentar lagi sudah tiba di rumah duka.

” Kita sudah koordinasikan dengan TNI- Polri serta Puskesmas Besikama serta tim Covid 19 desa Motaulun agar penguburannya menerapkan protokol Covid 19″

” Saat jenasah tiba di rumah duka tidak disemayamkan lagi tetapi langsung dimakamkan pada kuburan yang sudah disiapkan keluarga”

Dijelaskannya, sesuai surat keterangan pejabat dari Malaysia bahwa almarhum Paulus Bria meninggal dunia karena serangan jantung.

” Karena almarhum meninggalnya saat Pandemi Covid maka pemakamannya menerapkan protocol Covid 19 ”

” Keluarga yang datang di rumah duka tetap mengenakan masker dan keluarga almarhum juga menyiapkan air dan sabun untuk cuci tangan”

” Kita sudah siapkan keluarga agar tidak berkerumun dan tetap jaga jarak”

” Bapak- Bapak dari TNI- Polri serta Petugas Kesehatan saat ini sudah berada di lokasi rumah duka dan memberikan pengarahan terkait proses pemakaman nanti agar disiplin terapkan protokol Covid”

” Saat jenasah tiba di rumah duka, tidak diturunkan dari ambulance dan saat itu keluarga memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum sesuai jarak yang ditentukan dengan tetap mengenakan masker. Setelah penghormatan terakhir jenasah diantar mobil ambulance untuk langsung dimakamkan” (boni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *