Jelang Pelaksanaan ETMC 2019, Pemda Malaka Undang Pemda Flotim Secara Adat

Larantuka-Pemerintah Daerah Malaka secara resmi mengundang Pemerintah Daerah Flores Timur,Kamis,20 Juni 2019 untuk menghadiri acara pembukaan El Tari Memorial Cup  Tahun 2019,5 Juli 2019 dan acara penutupannya di tanggal 24 Juli 2019.Bertempat di ruangan Sekda Flotim,utusan Pemda Malaka yang beranggotakan Yohanes L Tukan,Alosius Werang,Veronika F,Bernadete Luruk Seran,melakukan ritual adat Hamata (Rekadu atau mengundang).

Prosesi mengundang ala adat Malaka tersebut diawali dengan peletakan sarung khas adat  Malaka di bahu kiri  Sekertaris Daerah Flotim,Paulus Igo Geroda dan  diikuti dengan penyampaian undangan dari Pemda Malaka yang disampaikan bersahutan oleh Bernadete Luruk Seran (Anggota DPRD Kabupaten Malaka) dan Yohanes L .Tukan (Ketua Paguyuban Lamaholot Malaka ) sambil mempersilahkan Sekda Igo Geroda untuk mencicipi  isi Lok Malu dan Kabir (Bewayak).

“Kami diutus oleh Pemda Malaka untuk datang ke Flores Timur, mengundang secara langsung, Pemerinta Kabuaten Flotim, DPRD Flotim, PSSI dan Tim Perseftim  untuk menghadiri acara pembukaan dan penutupan EL Tari Memorial Cup Tahun 2019 di Malaka. Kami tuan rumah,kami datang mengundang secara adat kami orang Malaka. Pertama kali kami datang ke Pemkab Flotim dan akan berlanjut ke pihak-pihak yang akan kami undang,”ujar Berandete Luruk Seran dan Yohanes L. Tukan bergantian.

Terhadap undangan Pemda Malaka itu,Sekda Flotim,Paulus Igo Geroda menyampaikan salam hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemda Malaka dan menyatakan kesiapan Pemkab Flotim  memenuhi undangan itu.

“Kami pasti hadir,dan saya akan menyampaikan peristiwa hari ini kepada Bapak Bupati dan berharap  Bupati Flotim hadir langsung di sana.Flores Timur dan Malaka memiliki ikatan kekeluargaan sebagaimana tutur sejarah.”ucap Paulus Igo Geroda sembari menitip salam hormat kepada Pemda Malaka dan paguyuban Lamaholot di Malaka.*(Emnir).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *