Jangan Jadikan Traktor Bantuan Pempus Untuk Komoditi Politik Pilkada Malaka

Bantun alat pertanian berupa Traktor Roda Empat yang disalurkan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian RI atas aspirasi Masyarakat Malaka melalui DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa, Edwar Tanur diduga disalahgunakan untuk kepentingan politik Pilkada Malaka.

Pasalnya, ketika melakukan aktivitas olah lahan, pada salah satu traktor tersebut dipasang atribut (Bendera) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), salah satu Partai Pengusung Paslon Bukan SBS-WT di Pilkada Malaka Tahun 2020.

Hal tersebut diketahui dari unggahan sebuah akun Youtube pada Kamis (19/11/2020), yang diberi Titel Traktor Edwar Tanur, Saingi Traktor RPM di Malaka. Unggahan Video berdurasi 3 Menit 18 Detik tersebut memperlihatkan sebuah traktor sedang mengolah lahan dengan bendera PKB tergantung pada bagian belakang traktor.

Terhadap video tersebut, beberapa pemuda asal Kecamatan Malaka Barat menilai, Fasilitas Bantuan Pemerintah yang pengadaannya dengan uang rakyat telah disalahgunakan untuk kepentingan politik PKB jelang Pilkada Malaka, Tahun 2020.

“Ini masuk kategori korupsi karena menyalahgunakan fasilitas yang disiapkan negara untuk kepentingan politik kelompok tertentu”, ujar para pemuda yang minta namanya tidak dikorankan.

Karena itu, para pemuda menantang aktivis anti korupsi yang selama ini berkoar-koar tentang korupsi di Malaka segera menyuarakan hal ini, agar aparat berwajib segera memanggil dan mengambil keterangan dari Anggota DPR RI, Edwar Tanur dan Pimpinan PKB di Malaka.

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa, Edwar Tanur yang dikonfirmasi N9 melalui sambungan telepon seluler belum merespon. Demikian juga Pesan WhatsApp yang dikirim ke Ponsel miliknya hanya dibaca tetapi tidak dibalas.

Sedangkan data yang berhasil dihimpun N9 dari Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) menyebutkan, dalam Tahun 2020, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada beberapa Kelompok Tani di Kabupaten Malaka atas Aspirasi Anggota DPR RI, Edwar Tanur dari PKB. Di antara beberapa Alsintan tersebut terdapat 3 unit traktor roda empat yang diterima kelompok tani di Desa Fahiluka, Meotroi dan Bakiruk.*(JoGer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *