Inilah Pidato Bupati Malaka Saat Musyawarah Cabang Ikatan Bidan Indonesia di Kabupaten Malaka, Selasa (3/12-2019) Selengkapnya Baca Disini!!!!!

Malaka – Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran merupakan sosok pemimpin yang sangat memperhatikan akan pentingnya sebuah organisasi sebagai alat untuk mencapai tujuan.

Dalam kesempatan membuka kegiatan Muscab IBI di Kabupaten Malaka, Selasa (3/12-2019) Bupati yang juga salah satu ahli Pembangunan Kesehatan  di Indonesia itu menyebut Bidan dan Perawat Itu Orang-Orang Hebat. Bidan dan perawat itu primadona dibidang kesehatan karena mereka yang selalu setia mendampingi pasien dalam situasi apapun.

Selanjutnya silahkan simak pikiran dan harapan Bupati Malaka dalam ceremoni pembukaan Muscab yang disajikan dengan gaya bertutur dibawah ini.

” Berbicara tentang organisasi maka yang sudah lulus S1.pasti mengerti. Organisasi itu adalah alat untuk mencapai tujuan. Jadi IBI itu alat untuk mencapai tujuan.
Coba lihat perjuangan IBI, mereka berontak di DPR RI, berontak di Mentri Kesehatan dan Presiden supaya ada UU tentang Bidan dan saat ini sudah terpenuhi ada UU tentang Bidan”

“Dulu ada UU tentang praktek kedokteran, UU tentang tenaga kesehatan dan saat ini IBI menuntut sehingga saat ini sudah ada undang-undang yang mengatur tentang bidan. Dan kita mengacu dan mempedomaninya karena baik”.

“Jadi organisasi itu sebagai alat untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu nasehat saya kepada pengurus IBI agar gunakan organisasi itu untuk membina anggotanya supaya mereka berguna bagi masyarakat dengan keterampilan sesuai standart, dengan kualitas dan kompetensi sesuai standart dan terutama memiliki otak yang jernih,. hati yang mulia , kaki tangan yang ringan untuk melayani masyarakat. Itu organisasi”.

“Harapan saya dengan terbentuknya IBI di Kabupaten Malaka tidak hanya sebagai area untuk berkumpul piknik dan arisan tetapi yang terutama adalah sebagai wadah untuk sharing pengalaman , memecahkan persoalan tentang pelayanan kebidanan di Kabupaten Malaka , berdiskusi untuk mencari solusi yang baik”.

“Tempat wisata pantai kita bagus sekali 81km lebih mulai Kobalima hingga perbatasan Boking -TTS menjadi area yang sangat bagus untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan dan diisi dengan ilmu pengetahuan yang nantinya bermanfaat bagi rakyat “.

“Saya berharap kepada para pengurus yang sudah terbentuk agar membuat progran kerja yang bagus, terutama menyangkut capacity building, ada pertemuan rutin ,. mengundang para pakar untuk memberikan masukan tidak hanya dari ilmu kebidanan tetapi juga dari disiplin ilmu yang lain supaya lengkaplah pengetahuan yang dimiliki karena didalam memberikan pelayanan bagi seluruh masyarakat dan melayani kehidupan bagi generasi mendatang”.

“Saya sangat beri harapan kepada IBI baik di Provinsi NTT dan seluruh Provinsi,. Kabupaten/Kota di Indonesia . Saya sangat berpengalaman dengan mereka saat meluncurkan program KIA banyak yang pesimis dan tidak percaya. Waktu itu saya larang tidak boleh ada satu orang bidanpun yang menolong persalinan di rumah. Kalau ada persalinan di rumah dan meninggal maka saudara dipenjara dan saya akan menjadi saksi ahli di pengadilan”.

“Yang benar adalah pada saat persalinan harus dibawa ke fasilitas kesehatan yang memadai. Yang disebut fasilitas kesehatan yang memadai itu ada lima elemen penting”.

“Pertama, ada SDM yang memenuhi kriteria jumlahnya, jenis tenaganya, kompetensinya dan persebarannya.

Kedua, di faskes harus memadai peralatan yang dubutuhkan untuk memberikan pelayanan sesuai profesi masing-masing.

Ketiga, di faskes harus dilengkapi perbekalan kesehatan supaya dapat memberikan pelayanan optimal

Keempat, di faskes itu harus ada sistim yang terintegrasi sehingga pada saat pelayanan membutuhkan dari aspek yang lain dapat diakses dengan mudah karena terintegrasi.
Misalnya sistim transfusi darah dengan sistim pelayanan darah baik dirumah sakit atau ditempat lain harus terintegrasi supaya dapat memudahkan pelayanan

Kelima, harus ada ketersediaan anggaran yang memadai supaya para tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan optimal. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *