Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Ini Dia Usulan Strategis Provinsi Kepri pada Musrenbangnas 2024 yang Disetujui

18
×

Ini Dia Usulan Strategis Provinsi Kepri pada Musrenbangnas 2024 yang Disetujui

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Jakarta – Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Misni, menghadiri dan memperjuangkan 20 usulan strategis Provinsi Kepri pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2024 di Hotel Ritz Carlton Kuningan, Jakarta, pada Rabu, 8 Mei 2024 yang lalu.

Beberapa usulan strategis yang disetujui untuk dilaksanakan melalui Dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2025 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) antara lain adalah penggantian Jaringan Distribusi Utama (JDU) Perumda Air Minum Tirta Kepri, pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Regional Pulau Bintan, peningkatan sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) IKK Sebayar, Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, pembangunan Monumen Tugu Bahasa Nasional, dan rehabilitasi balai adat Pulau Penyengat.

Sementara itu, untuk Pembangunan Jembatan Batam-Bintan direkomendasikan akan dibangun mulai Tahun 2026 setelah dilakukan soil test, review Detail Engineering Design (DED) Jembatan Batam-Bintan dan penyelesaian skema pembiayaan.

Dalam rangka menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, disetujui penegasan dan pemeliharaan tanda batas wilayah negara di titik referensi Pulau Malang Berdaun dan Pulau Berakit Kabupaten Bintan. Kegiatan ini juga disertai dengan sosialisasi penjagaan batas wilayah negara pada masyarakat di sekitar pulau-pulau kecil terluar.

Selain itu, pada pembahasan tersebut juga disepakati untuk kegiatan Pendidikan dan Pelatihan vokasi berbasis Kerjasama Industri, Kegiatan Pengembangan Kawasan Pertanian berupa sarana dan prasarana produksi di Gunung Puteri Kabupaten Natuna, Pembinaan Lembaga dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesejahteraan Sosial serta Kegiatan Asistensi Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia.

Sementara untuk usulan strategis lain yang belum disetujui atau direkomendasikan, akan diupayakan melalui mekanisme pendanaan lainnya seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Inpres Infrastruktur, koordinasi dengan Kementerian atau Lembaga terkait dan sumber pendanaan lainnya serta peningkatan status pada Rencana Induk Pelabuhan Nasional untuk pembangunan pelabuhan laut.

Acara tersebut dihadiri juga oleh Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan Pembangunan Barenlitbang Provinsi Kepri, Arman, dan perwakilan dari Perangkat Daerah.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Barenlitbang Kepri